Terkait Pembebasan Visa 169 Negara, DPR Apresiasi Pemerintah

Arsito Hidayatullah
Terkait Pembebasan Visa 169 Negara, DPR Apresiasi Pemerintah
Ketua DPR RI, Ade Komarudin. [suara.com/Meg Phillips]

Hal itu disampaikan Ketua DPR dalam pidato penutupan Masa Sidang IV, Jumat (29/4).

Suara.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengapresiasi kebijakan pemerintah tentang pembebasan visa bagi warga negara dari 169 negara dan pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing.

"Dengan pembebasan visa tersebut, semoga dapat meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia," kata Ade dalam pidato penutupan masa sidang IV, Sidang Paripurna DPR, Jakarta, Jum’at (29/4/2016).

Selanjutnya, terkait dibentuknya Tim Pengawas Orang Asing, ujar Ade, diharapkan dapat mencegah dan menindak orang asing pelanggar aturan imigrasi. "Selain itu, hal ini juga harus diikuti dengan Protokol Pengamanan terhadap NKRI,” jelasnya.

Sementara itu, mengenai beberapa WNI yang disandera kelompok bersenjata Abu Sayyaf di Filipina, ungkap Ade, DPR mendesak pemerintah untuk segera mengambil sikap konkret dalam upaya pembebasan sandera.

"Selain itu, DPR mendorong pemerintah untuk menginisiasi perjanjian multilateral dengan negara-negara Asean dalam rangka kerjasama pengamanan jalur perairan laut sebagai jalur lintas perdagangan," tandasnya.

"DPR juga mendorong pemerintah segera membuat perjanjian bilateral dengan Filipina, agar dapat dilakukan patroli secara bersama pada jalur utama pelayaran agar keamanan dijalur tersebut terjamin," tambahnya. [DPR]


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI