Pemerintah Diminta Tak Gadaikan BUMN untuk Biayai APBN 2017

Arsito Hidayatullah | Dian Rosmala
Pemerintah Diminta Tak Gadaikan BUMN untuk Biayai APBN 2017
Wakil Ketua Komisi X DPR, Sutan Adil Hendra. [DPR RI]

"Kasihan BUMN kita menjadi sapi perahan sebelum keuntungan itu mereka peroleh."

Suara.com - Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra secara tegas menolak rencana pemerintah menerbitkan obligasi dengan menjaminkan aset maupun nilai manfaat BUMN. Ia menilai, hal ini bukanlah opsi terbaik yang bisa dilakukan, meskipun pemerintah kesulitan dalam mencari sumber pembiayaan Rencana Pendapatan Anggaran Biaya Negara (RAPBN) tahun 2017.

"Argumen Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bahwa nilai aset BUMN yang dijadikan jaminan utang negara tak akan berkurang, patut dipertanyakan. Karena selain dangkal, terkesan juga pemerintah mengambil jalan pintas tanpa kreasi," tegas Sutan, saat ditemui di ruang kerjanya, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Menurut anggota dewan dari Fraksi Partai Gerindra itu, dengan menjaminkan nilai manfaat suatu BUMN, sama saja dengan membagi-bagi keuntungan usaha perusahaan pelat merah kepada pihak yang membeli obligasi.

"Kasihan BUMN kita menjadi sapi perahan sebelum keuntungan itu mereka peroleh. Jika ini dipaksakan, yang rugi pemegang saham sendiri yakni pemerintah," ujar Sutan lagi.

Selain itu, lanjut Sutan, nilai keuntungan yang diperoleh pun lebih kecil, karena harus membayar bunga obligasi. Sementara dana yang terhimpun dari menjual obligasi juga tidak masuk ke kas perusahaan, karena dijadikan sumber pembiayaan APBN.

"Akhirnya nilai saham BUMN pun bisa jatuh. Ini bahaya bagi bisnis usaha negara sendiri," imbuh anggota dewan dari dapil Jambi itu.

Semestinya, masih menurut Sutan, pemerintah lebih membuka ruang kreasi dalam mengenjot sektor pendapatan, seperti lewat optimalisasi penerimaan pajak, bukan dengan menggadaikan aset atau nilai manfaat BUMN.

"Akhirnya ini ketahuan kalau pemerintah memang terlalu mengedepankan pembiayaan jangka pendek dengan mengorbankan BUMN. Sehingga patut kita pertanyakan kebijakan ini pesanan siapa, selain para kapitalis asing yang ingin menguasai sumber daya strategis Indonesia," tegasnya. [DPR]


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI