Alexa

Banyak Terminal Bagus, Tapi Belum Berfungsi dengan Baik

Siswanto
Wakil Ketua Komisi V DPR Lasarus  dan Wakil Ketua Komisi V Yudi Widiana Adia di Minahasa Utara [DPR]
Wakil Ketua Komisi V DPR Lasarus dan Wakil Ketua Komisi V Yudi Widiana Adia di Minahasa Utara [DPR]

Bus-bus yang masuk ke terminal sedikit

Suara.com - Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR ke Provinsi Kalimantan Tengah Lasarus menegaskan banyak terminal bus antar kota yang sudah dibangun dengan biaya cukup besar dan kondisinya sudah bagus, tetapi belum berfungsi maksimal.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan Lasarus mengungkapkan hasil temuannya saat mengunjungi Terminal Tipe A WA Gara di Palangka Raya. Lasarus mengatakan terminal bus antara kota antar provinsi ini sudah bagus, namun bus-bus yang masuk ke terminal sedikit.
 
Menurutnya banyak kendala mengapa bus-bus tidak mau masuk ke terminal, selain akses jalan yang rusak juga lokasi dari pusat kota sekitar empat kilometer membuat enggan mobil angkutan kecil ke terminal. Akibatnya ada kecenderungan perusahaan bus membuat terminal bayangan, yang tidak seusai peruntukannya.

“Kedepan, kondisi seperti ini harus diubah, semuanya bisa masuk terminal. Namun langkah ini harus diiringi dengan fasilitas yang memadai termasuk perbaikan jalan ke terminal. Pengaturan itu dimaksudkan agar pelayanan fasilitas umum termasuk transportasi bisa tertata rapi,” katanya.

Menanggapi rencana untuk mengambil-alih pengelolaan terminal ke kemennhub, pimpinan komisi yang membidangi perhubungan dan infrastruktur menyatakan masih perlu dikaji lebih lanjut.

“Hasil-hasil kunker ini masih perlu didiskusikan dan dipertimbangkan manfaatnya apakah akan lebih memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Tim kunker Komisi V juga berkesempatan meninjau Dermaga Kereng Bangkirai, satu-satunya pelabuhan yang dekat dengan kota Palangka Raya. Dermaga yang memiliki kedalaman hingga 17 meter ini bisa untuk berlabuh kapal 6.000 GT sehingga akan membantu Kalteng dalam suplai barang.  Juga barang-barang dari Jawa bisa sandar di dermaga ini bisa lebih murah ketimbang dari Sampit atau Banjarmasin.

Persoalannya, kata Lasarus, pelabuhan perlu diperluas dan akses jalan masuk harus segera dibangun jalan yang mampu menahan beban puluhan hingga ratusan ton. Komisi V berharap pelabuhan ini cepat berfungsi dan membawa manfaat sekaligus meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Jangan pernah lupakan ibumu karena surga ada di telapak kaki ibu 😇
.
Selamat malam #suaradotcom 💕
.
.
.
#quote #quotes #mother #motherdaughter #motherquotes #kutipan #katabijak #katasukses #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS