BURT Nilai RSPB Siap Layani Anggota DPR dan Keluarganya

Fabiola Febrinastri
BURT Nilai RSPB Siap Layani Anggota DPR dan Keluarganya
Wakil Ketua BURT DPR RI, Elva Hartati. (dok: DPR)

Pelayanan harus baik dan terus ditingkatkan.

Suara.com - Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, Elva Hartati mengatakan, Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur sudah siap melayani anggota DPR beserta keluarganya, jika harus mendapat perawatan atau pelayanan kesehatan.

Demikian dikatakannya saat memimpin kunjungan kerja BURT ke Balikpapan, Kaltim, Senin (28/11/2016).

Dalam kunjungan tersebut, Elva didampingi PT Jasindo sebagai provider asuransi DPR dan langsung diterima oleh Direktur RSPB, Syamsul Bahri.

“Setelah mendengar penjelasan dari Direktur RSPB dan meninjau fasilitasnya, saya rasa cukup bagus untuk merawat anggota DPR beserta keluarganya di Kaltim, jika mengalami sakit dan harus mendapat perawatan,” kata Elva, usai pertemuan dengan Direksi RSPB.

Politisi F-PDI Perjuangan itu menambahkan, dari sisi fasilitas maupun sumber daya manusia, RSPB dinilai cukup baik. Namun ia mengingatkan, pelayanan juga harus terus ditingkatkan.

“Ke depan, saya mohon kepada Direksi RSPB, apabila masih ada kekurangan segera dilengkapi, dan saya mohon untuk fasilitas dan SDM ditingkatkan lagi dan lebih baik lagi. Saya mohon juga, agar pasien yang merupakan anggota DPR beserta anggota keluarganya, apabila sakit, dilayani sesuai anjuran pemerintah,” pesan Elva.

Politisi asal dapil Bengkulu ini juga meminta kepada Direksi RSPB untuk selalu berkoordinasi dengan PT Jasindo sebagai provider asuransi DPR, terutama untuk pembaruan nama-nama anggota DPR.

“Di daerah lain belum sesempurna RSPB. Kalau belum sempurna, kami akan memberitahu pihak rumah sakit, agar dipenuhi fasilitas yang belum dilengkapi, sehingga sesuai dengan kriteria atau standar pelayanan untuk anggota dewan beserta keluarganya,” imbuh Elva, yang juga anggota Komisi IX DPR itu.

Fasilitas Dinilai Memadai dan Memenuhi Syarat
Hal senada juga diungkapkan oleh anggota BURT, Bakri. Politisi F-PAN itu menilai, fasilitas RSPB sudah cukup memadai dan memenuhi syarat. Bahkan menurutnya, RSPB ini dapat dijadikan contoh bagi RS lain dalam hal pelayanan kepada anggota DPR beserta keluarganya.

“Saya pikir, RS lain dapat menjadikan RSPB sebagai contoh pelayanan. Kami berharap tindakan-tindakan yang sifatnya harus cepat, betul-betul dilakukan. Jangan sampai proses administrasi berjalan, pasien tidak ditangani,” kata politisi asal dapil Jambi itu.

Pada kesempatan yang sama, Syamsul menjelaskan, pihaknya sudah memiliki fasilitas khusus untuk anggota DPR dan keluarganya, termasuk pejabat negara. Adapun ruang yang disediakan di antaranya ruang rawat Suite Bussiness, Suite Commerce, hingga ICCU dan NICU.

“RSPB beserta seluruh SDM siap untuk memberikan pelayanan kepada seluruh anggota DPR beserta keluarganya, jika seandainya membutuhkan pelayanan dari kami. Koordinasi dengan PT Jasindo juga sudah berjalan dengan baik,” jelas Direktur RSPB tersebut.

Sebagaimana diketahui, kunker BURT ke Kaltim dalam rangka pengawasan pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan bagi anggota DPR beserta keluarganya ini juga diikuti oleh Ketua BURT, Roem Kono (F-PG, dapil Gorontalo), Wakil Ketua BURT, Agung Budi Santoso (F-PD, dapil Jabar), dan Wakil Ketua BURT, Novita Wijayanti (F-Gerindra/dapil Jateng).

Kemudian anggota BURT, Andi Fauziah Pujiwatie Hatta (F-PG, dapil Sulsel), Anton Sukartono Suratto (F-PD, dapil Jabar), Agus Sulistiyono (F-PKB, dapil DI Yogyakarta), dan Anshory Siregar (F-PKS, dapil Sumut).

Berikutnya, Hasrul Azwar (F-PPP, dapil Sumut), dari F-PDI Perjuangan ada Yulian Gunhar (dapil Sumsel), dan Ribka Tjiptaning (dapil Jabar), Sri Meliyana (F-Gerindra, dapil Sumsel), Joko Purwanto (F-PPP, dapil Jabar), Irma Suryani Chaniago (F-Nasdem, dapil Sumsel), dan Muhammad Farid Al Fauzi (F-Hanura, dapil Jatim).


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI