Truk Listrik Mitsubishi Fuso, E-Canter Dipamerkan di GIIAS 2017

E-Canter sangat cocok untuk keperluan niaga di dalam kota.

Senin, 14 Agustus 2017 | 14:15 WIB
Truk Listrik Mitsubishi Fuso, E-Canter Dipamerkan di GIIAS 2017
Stan Mitsubishi Fuso di GIIAS 2017 yang digelar di ICE, Serpong, Banten selama 10-20 Agustus. [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Suara.com - Mitsubishi Fuso tak cuma membawa truk-truk konvensional yang dijual di pasar Indonesia dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Pabrikan kendaraan niaga ini juga memamerkan visi masa depan mereka melalui truk listrik E-Canter yang memiliki bodi berwarna biru metallic.

GIIAS 2017 berlangsung mulai 10-20 Agustus. Pameran otomotif nasional selain Indonesia International Motor Show (IIMS) ini berlokasi di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Tangerang, Banten.

Dalam pameran edisi tahun ini, beberapa pabrikan menghadirkan kendaraan hibrida maupun listrik mereka, baik yang berupa konsep atau mobil eksebisi. Sebut saja, misalnya, Nissan Blade Glider Concept, Nissan Note e-Power, Toyota C-HR hybrid, dan Mercedes-Benz E 350 e PHEV.

Mitsubishi Fuso pun tak mau ketinggalan dan memboyong truk listrik E-Canter sebagai kendaraan eksebisi. Truk ini pertama kali diperlihatkan di Jepang pada Mei 2017, bersamaan dengan diperkenalkannya stasiun pengisian daya truk listrik pertama di negara tersebut oleh Mitsubishi Fuso.

Mitsubishi Fuso pun telah menerima pemesanan di Jepang dan negara-negara Barat untuk versi produksi truk ini.

"Prinsipal Mitsubishi Fuso telah mengembangkan konsep truk listrik sejak tahun 2010, dan di tahun 2017 ini telah memasuki tahap produksi terbatas," kata Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors Atsushi Kurita dalam GIIAS 2017.

Di ajang otomotif terbesar se-Indonesia dan Asia Tenggara ini, hadir pula perwakilan dari Daimler. Sebagai informasi, Mitsubishi Fuso sejak awal 2000-an diakuisisi mayoritas sahamnya oleh Daimler.

Head of Daimler Regional Centre Commercial Vehicles SEA, Kay-Wolf Ahlden, menjelaskan bahwa E-Canter adalah truk listrik pertama yang diproduksi secara massal di dunia. Melalui GIIAS 2017, mereka mempertunjukkannya untuk kali pertama di Indonesia.

"Di bulan Juli, kami telah memulai produksi di Jepang dan Portugal. Pada musim gugur ini, kami akan mengadakan sebuah acara peluncuran untuk publik secara global di beberapa kota seperti New York dan Tokyo," kata Ahlden.

Ia mengungkapkan bahwa di akhir tahun ini, 150 unit pertama akan didistribusikan ke konsumen-konsumen di Eropa, Jepang, serta Amerika Serikat.

"Dalam waktu dekat, masa depan dari e-mobility komersial akan segera dimulai," tegas Ahlden.

E-Canter dipersenjatai enam baterai ion-lithium bervoltase tinggi yang menyalurkan tenaganya ke motor listrik synchronous permanen. Daya yang diproduksi mencapai 185 kW, dengan torsi yang sangat besar pula.

Jarak tempuh E-Canter, dalam kondisi baterai terisi penuh, mencapai 100 km.

"Dengan jarak tempuh 100 km, E-Canter sangat cocok untuk keperluan niaga di dalam kota," ujar Ahlden.

Daya angkutnya bisa dua sampai tiga ton, tergantung tipe. Adapun fitur-fitur di dalamnya antara lain kursi ergonomis, layar digital 12 inchi, serta Keyless Push Start.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

OTOMOTIF

TERKINI