LMPV Nissan Berbasis Xpander Akan Diproduksi di Pabrik Mitsubishi

Calon LMPV terbaru Nissan di pasar Indonesia mengambil basis dari Mitsubishi Xpander.

Kamis, 17 Agustus 2017 | 10:45 WIB
LMPV Nissan Berbasis Xpander Akan Diproduksi di Pabrik Mitsubishi
Mitsubishi Xpander dipamerkan di arena GIIAS 2017 di Serpong, Banten pada Kamis (10/8). [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Suara.com - Calon low multi purpose vehicle (LMPV) terbaru Nissan di pasar Indonesia, yang mengambil basis dari Mitsubishi Xpander, bakal diproduksi serta disuplai pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi. Namun, model yang kelak menyaingi Toyota Avanza dan Honda Mobilio ini diklaim akan sangat berbeda secara desain dengan Xpander.

Informasi tersebut didapatkan Suara.com langsung dari Chief Executive Officer Mitsubishi Motor Corporation, Osamu Masuko, dalam wawancara terbatas di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. GIIAS 2017 sendiri berlangsung pada 10-20 Agustus di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Tangerang.

Masuko menegaskan kembali bahwa Xpander, yang baru saja diluncurkan di hari pertama GIIAS 2017, bakal menjadi basis dari LMPV Nissan. Xpander menjadi model pertama yang digunakan bersama-sama platformnya oleh aliansi Nissan-Mitsubishi.

Seperti diketahui, pada akhir 2016, Nissan Motor Corporation mengakuisisi 34 persen saham Mitsubishi Motor Corp di Jepang. Hal ini mencetuskan aliansi baru Renault-Nissan-Mitsubishi di pasar global.

Demi membesarkan pasar Nissan di negara-negara berkembang, khususnya Indonesia, Nissan bakal meluncurkan LMPV baru yang mencomot platform Xpander.

"Kamilah (Mitsubishi) yang akan memproduksi dan menyuplai LMPV berbasiskan Xpander ke Nissan untuk pasar Indonesia. Waktunya dan volumenya saat ini sedang dipelajari oleh Nissan," ungkap Masuko.

Meski LMPV Nissan nanti diambil dari platform Xpander dan bahkan diproduksi di pabrik Mitsubishi, Masuko menjelaskan bahwa konsep desainnya nanti akan sangat berbeda.

"Nissan mendesain secara penuh LMPV mereka nanti. Kami memang memproduksi dan mendistribusikan ke Nissan tapi Xpander dan LMPV mereka akan sangat berbeda," ujar Masuko lagi.

Mitsubishi memang sudah membangun pabrik baru di Cikarang dengan nilai investasi lebih dari Rp7 triliun rupiah. Pabrik yang baru resmi beroperasi sejak April kemarin itu berkapasitas produksi total 160 ribu unit per tahun dan akan merakit produk-produk Mitsubishi seperti Pajero Sport, L300, plus Xpander dengan utilisasi 140 ribu unit per tahun bagi ketiganya.

Masih ada ruang 20 ribu unit per tahun yang dapat dimanfaatkan, baik oleh Mitsubishi sendiri maupun oleh aliansi. Di masa depan, kapasitas produksi pabrik Mitsubishi di Cikarang juga bisa ditingkatkan hingga 240 ribu unit per tahun.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

OTOMOTIF

TERKINI