Harga Xpander Rp200 Juta-an, Mitsubishi Incar Kalangan Kelas Ini

Perbandingan harga Xpander tak beda jauh dengan pesaing kuat mereka, Toyota Avanza.

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 15:03 WIB
Harga Xpander Rp200 Juta-an, Mitsubishi Incar Kalangan Kelas Ini
Mitsubishi Xpander. (Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi)

Suara.com - Mitsubishi perkenalkan produk low multi purpose vehicle (LMPV) Xpander ke Indonesia. Peluncuran dilakukan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang berlangsung 10-20 Agustus di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Tangerang.

Xpander dipasarkan dalam enam varian, yaitu GLX transmisi manual, GLS transmisi manual, Exceed transmisi manual dan otomatis, Sport transmisi otomatis, serta Ultimate transmisi otomatis.

Terkait harga, pihak Mitsubishi mematok Xpander untuk on the road Jakarta mulai dari banderol Rp189,05 juta hingga Rp245,35 juta.

Merespons harga Xpander yang tergolong tinggi dan tak beda jauh dari para 'pemain' lama, CEO Mitsubishi Motor Corporation, Osamu Masuko mengatakan, mobil terbaru mereka itu memang diposisikan sebagai LMPV untuk konsumen kelas menengah.

Versi produksi dari XM Concept ini pun dianggap punya diferensiasi yang cukup untuk menarik target konsumen mereka.

"LMPV terbaru kami didesain berbentuk mirip sport utility vehicle (SUV). Kami taruh rasa SUV di sini sehingga Xpander berbeda sekali dengan yang lain. Karena itu kami percaya diri dengan LMPV kami," kata Masuko dalam wawancara terbatas dengan media massa, termasuk Suara.com, di sela-sela GIIAS 2017.

Harganya yang berada dikisaran Rp200 juta-an juga dianggap masih mampu diserap konsumen-konsumen Indonesia yang punya banyak kelas menengah baru dengan daya beli yang semakin kuat.

Indonesia, menurut Masuko, sekarang sudah bertransformasi sebagai negara yang menjanjikan, baik dari perspektif pertumbuhan ekonomi maupun pasar otomotif.

"Orang-orang Indonesia saat ini bisa beli LMPV yang diposisikan di atas. Pasar negeri ini telah berubah. Kini pasar ini punya tempat tak hanya bagi mobil berharga murah dan kompetitif, tapi juga bagi mobil dengan pemosisian harga yang ada diatas-atasnya. Ini sangat berbeda dengan masa lalu," papar Masuko yang pernah bertugas di Indonesia pada akhir dekade 1990-an.

Berbicara mengenai perbandingan harga, banderol Xpander tak berbeda jauh dengan harga 'pemain' terkuat di segmen LMPV, yakni Toyota Avanza.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

OTOMOTIF

TERKINI