Toyota Jual All-New Prius Berdasarkan Pemesanan, Harga Rp800 Juta

Harga All-New Prius yang tinggi tak hanya karena faktor pajak

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 20:50 WIB
Toyota Jual All-New Prius Berdasarkan Pemesanan, Harga Rp800 Juta
All New Prius. [suara.com/ Insan Akbar]
Toyota ternyata telah menjual All-New Prius di Indonesia tanpa adanya seremoni peluncuran, dengan banderol Rp800 juta-an di tahun ini. Penjualan Prius generasi keempat ini dilakukan berdasarkan pemesanan.
 
All-New Prius pertama kali meluncur di Amerika Serikat pada 2015 silam. Agen pemegang merek Toyota di Indonesia, PT. Toyota Astra Motor (TAM), kemudian memamerkannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, 10-20 Agustus di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Tangerang.
 
"Prius generasi keempat sudah bisa dipesan tapi harganya sekitar Rp800 juta-an," kata Executive General Manager TAM, Fransiskus Soerjopranoto, saat ditemui dalam konferensi pers di sela-sela GIIAS 2017.
 
Menurutnya, harga All-New Prius yang tinggi tak hanya karena faktor pajak saja, melainkan juga karena sistem penjualannya. Toyota baru memesan dan mengimpornya ke Indonesia saat ada yang memesan sehingga biayanya pun meninggi.
 
"Sifatnya spot order. Berbeda dengan Camry dan Alphard yang ada pengiriman reguler. Yang mau pesan jadinya terkena biaya-biaya seperti kurs dollar, pengapalan, dan pajak," papar Soerjopranoto.
 
All-New Prius, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia yang diterima Suara.com, diketahui diimpor utuh (Completely Built-Up/CBU) dari Jepang. Hingga tujuh bulan berjalan 2017, All-New Prius belum membukukan penjualan.
 
Toyota telah menjual 1.288 unit mobil hibrida di Indonesia sejak 2007. Prius menjadi model hibrida pertama yang dijual di Nusantara pada tahun itu, diikuti Camry hibrida (2012), Harrier hibrida (2014, diimpor hanya untuk dites), serta Alphard hibrida (2015).
 
Camry hibrida secara total terjual 1.227 unit berkat pesanan-pesanan instansi pemerintah, sedangkan Alphard hibrida sudah 11 unit. Adapun Prius laku 49 unit, dan Harrier hibrida satu unit.
 
Pada akhir tahun ini atau selambat-lambatnya kuartal satu tahun depan, akan meluncur C-HR hibrida di Indonesia. SUV hibrida ini bakal jadi model hibrida pertama Toyota di Indonesia yang didatangkan setelah terbitnya regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) yang memberikan insentif pajak.

REKOMENDASI

OTOMOTIF

TERKINI