Kampus PUPR Raih Penghargaan "Anugerah Energi Lestari 2017"

Gedung utama Kementerian PUPR memiliki kemampuan untuk menghemat listrik sampai 40%.

Minggu, 17 September 2017 | 12:00 WIB
Kampus PUPR Raih Penghargaan "Anugerah Energi Lestari 2017"
Kampus PUPR (PUPR) menerima penghargaan dari Majalah Gatra untuk Kategori Konservasi Energi di Anugerah Energi Lestari 2017, Jakarta, Jumat (15/9/2017). (Sumber: Kementerian PUPR)

Suara.com - Kampus Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan penghargaan dari Majalah Gatra untuk kategori Konservasi Energi di Anugerah Energi Lestari 2017, yang diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal PUPR, Anita Firmanti, di Grand Ballroom Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Pengembangan gedung Kementerian PUPR hemat energi, yang berkonsep kampus dengan ruang terbuka hijau (RTH) yang luas terbukti mampu menurunkan emisi gas rumah pada bangunan perkantoran di Jakarta. Atas pencapaian tersebut, tim panelis, yang terdiri dari Pemimpin Redaksi Majalah Gatra, Carry Nadeak, Ketua Masyarakat Energi Baru Terbarukan Indonesia (METI), Surya Darma, Sekretaris Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konsevasi Energi (EBTKE), Dadan Kusdiana, dan Tenaga Ahli EBTKE, Faisal Rahadian, memberikan nilai tertinggi kepada Kementerian PUPR.

Usai menerima penghargaan, Anita mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan atas keberhasilan Kementerian PUPR dalam menerapkan green building dan green site gedung perkantoran.

"Penghargaan ini sangat penting untuk Kementerian PUPR, dalam rangka mendorong masyarakat menerapkan green building di Indonesia. Apalagi saat ini banyak aktivitas gedung perkantoran menggunakan AC dan listrik yang sangat boros, sehingga membuat produksi gas CO2 semakin meningkat," katanya.

Selain memiliki RTH yang luas, Kampus  PUPR juga memiliki zero runn off, pembatasan sirkulasi kendaraan bermotor, jalur pejalan kaki yang terintegrasi, termasuk untuk kaum difabel, pengembangan sistem mekanikal, elektrikal, plumbing (MEP), dan manajemen persampahan yang terintegrasi. Tidak hanya itu, gedung utama Kementerian PUPR memiliki kemampuan untuk menghemat listrik sampai 40 persen, dengan mengandalkan desain keseluruhan gedung melalui penerangan alami sinar matahari siang hari dan menerapkan sensor penerangan otomatis, yang akan memadamkan lampu ketika tidak ada orang di setiap ruangannya.

Gedung dengan 17 lantai ini menerapkan sistem daur ulang penggunaan air untuk menghemat konsumsi air. Selain ruangan kantor, setiap lantai juga dilengkapi dengan toilet, musala dan tempat wudhu, pantry dan ruangan ibu dan anak (nursery) untuk memberikan kenyamanan pegawai yang membawa balita, seperti keperluan menyusui atau pumping.

Acara itu juga dihadiri oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan, yang dalam kesempatan tersebut ikut menyerahkan penghargaan kepada para pemenang. Dalam sambutannya, Menteri Jonan mengatakan bahwa pemerintah sangat serius untuk mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) di Tanah Air. Sebagai bukti keseriusan tersebut, sampai September 2017, pemerintah sudah menandatangi 60 kontrak terkait EBT.

Ajang Anugerah Energi Lestari 2017 memberikan 11 kategori penghargaan kepada perusahaan, kementerian, dan pemerintah daerah yang berhasil melestarikan energi di lingkungan masing-masing.

(** Artikel ini merupakan kerja sama Kementerian PUPR dan Suara.com)

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI