3 "Twin Block" Rusunawa Magelang Siap Ditempati

Pembangunan Rusunawa Gunungpring dan Tanggulrejo dibiayai oleh APBN 2015.

Rabu, 20 September 2017 | 00:01 WIB
3 "Twin Block" Rusunawa Magelang Siap Ditempati
Rusunawa Gunungpring, Magelang, Jawa Tengah. (Sumber: Kementerian PUPR)

Suara.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, menyatakan, tiga "twin block" di Magelang, Jawa Tengah, sudah siap ditempati.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Syarif Burhanuddin, telah meninjau rusunawa di Desa Gulon, Magelang. Ia juga menyempatkan diri mengunjungi rusunawa di Desa Gunungpring dan Desa Tanggulrejo, Magelang, Minggu (17/9/2017).

Pembangunan perumahan, dalam hal ini rusunawa, sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hunian dan lingkungan. Atas dasar inilah, maka dianggap perlu untuk meningkatkan dan memperluas kualitas hunian, sehingga dapat dijangkau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di daerah.

Pembangunan Rusunawa Gunungpring dan Tanggulrejo dibiayai oleh APBN 2015, sebesar Rp 18.09 miliar, yang dilengkapi segala keperluan furnitur di dalamnya.

Rusunawa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, memiliki luas bangunan 3.245 meter persegi (m2), dengan kapasitas hunian 200 orang. Adapun tipe 36 di sini tersedia sebanyak 50 unit, yang terdiri dari 4 lantai dan dilengkapi  hunian difabel,  ruang pengelola, ruang serbaguna,  kantor RT/RW,  ruang duka, musala, minimarket, dan kios.

Rusunawa di Desa Tanggulrejo, Kecamatan Tempuran, merupakan tipe 24, yang luas bangunannya mencapai 2.032 m2, cukup untuk 100 orang, dan dilengkapi fasilitas tambahan untuk difabel, serta memiliki ruang pengelola, ruang serbaguna, dan ruang jemur.

Syarif mengingatkan, agar para penghuni tetap menjaga komunikasi yang baik dengan penghuni lainnya.

"Diharapkan, para calon penghuni maupun yang sudah menghuni untuk tetap melakukan sosialisasi dengan warga yang tinggal di rusunawa ini," katanya.

(** Artikel ini merupakan kerja sama Kementerian PUPR dan Suara.com)

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI