IPW: Banyak Pengembang Terjerat Lamanya Izin dan Biaya Siluman

IPW mempertanyakan klaim Kementerian PUPR bahwa proses perizinan kepada pengembang kini cepat dan mudah.

Rabu, 20 September 2017 | 20:31 WIB
IPW: Banyak Pengembang Terjerat Lamanya Izin dan Biaya Siluman
Perumahan subsidi Perumahan Griya Setia Bangsa di Riau. [Dok Kementerian PUPR]

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang telah berkontribusi secara signifikan dalam kemudahan layanan perizinan dalam pembangunan rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah di daerah dalam rangka program satu juta rumah.

Penghargaan tersebut jatuh kepada Kabupaten Maros, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Malang. Untuk Pemerintah Kota, ada dari Kota Jambi, Pontianak dan Pemerintah Kota Manado. Bahkan Kota Pontianak berhasil mengurus perizinan hanya dalam waktu 6,5 jam.

"Indonesia Property Watch mempertanyakan kebenaran dari singkatnya perijinan yang dilakukan. Karena berdasarkan pengamatan dan investigasi di lapangan, perijinan masih saja menjadi permasalahan klasik yang menghambat pembangunan proyek perumahan," kata Direktur Eksekutif IPW Ali Tranghanda, dalam keterangan resmi, Rabu (20/9/2017).

Bahkan dalam suatu proyek perumahan rumah subsidi, pengembang harus menunggu 1,5 tahun untuk memeroleh Ijin Mendirikan Bangunan. Namun secara umum waktu pengurusan perijinan masih berkisar antara 6 bulan sampai 1 tahun.

Meskipun saat ini di beberapa daerah sudah diterapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), namun sebagian besar pengembang belum merasakan adanya perubahan signifikan dalam pelayanan proses perijinan mulai ijin lokasi sampai IMB. Proses perijinan yang dilakukan di setiap loket terkadang tidak berjalan sebagaimana mestinya karena tetap lebih cepat melalui oknum ‘calo’.

"Meskipun belum dilakukan investigasi menyeluruh namun hampir 98 persen dari pengembang yang berhasil ditemui, mengatakan bahwa sampai saat ini birokrasi perijinan belum ada perubahan," tutur Ali.

Biaya Siluman

Selain itu mengenai biaya-biaya perijinan, biaya-biaya siluman masih banyak dihadapi oleh para pengembang. Dengan batasan harga rumah murah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan senilai Rp140 juta beban biaya tak resmi atau biaya siluman minimum Rp6,5 juta per unit atau 4,6 persen bahkan ada yang mencapai sampai 15 persen.

"Angka ini relatif kecil, tetapi menjadi sangat besar bila dikalikan jumlah rumah yang dibangun. Per seratus rumah yang dibangun, pengembang harus mengeluarkan dana cadangan di muka sebesar Rp650 juta, dan bila 1.000 unit rumah menjadi Rp6,5 miliar,” ungkap Ali.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BISNIS

TERKINI