Sandiaga Akan Lepas Saham Pemprov di BUMD Bir DKI ke Publik

Kepemilikan saham Pemprov di PT Delta Djakarta Tbk dianggap tidak untuk kepentingan masyarakat.

Minggu, 23 April 2017 | 19:57 WIB
Sandiaga Akan Lepas Saham Pemprov di BUMD Bir DKI ke Publik
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat berbicara di Masjid Al Barkah As-Syafiiyah, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (23/4/2017). [Suara.com/Dwi Bowo Raharjo]

Suara.com - Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno akan melepas saham Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Delta Djakarta Tbk. Diketahui, Delta Djakarta adalah perusahaan bir.

Perusahaan itu akan dilepas setelah keduanya resmi menjadi gubernur dan wakil gubernur Jakarta pada Oktober 2017.

Sandiaga menganggap saham pemprov DKI di DLTA tidak berkepentingan langsung dengan kebutuhan masyarakat Jakarta. Itu sebabnya ia menawarkan janji ke masyarakat akan menjual kepemilikan saham bir milik DKI setelah terpilih.

"Tidak esensial sebuah pemerintah provinsi memiliki saham di perusahaan yang tidak mempunyai kepentingan bagi hajat hidup orang banyak," ujar Sandiaga usai menghadiri acara di Mesjid Albarkah As Syafiiyah, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (23/4/2017).

Diketahui, saat ini pemerintah DKI memiliki saham di perusahaan pemilik merek Anker Bir, Carlsberg, San Miguel, dan Stout sebesar 26,25 persen. Jakarta sudah menaruh saham di perusahaan bir di PT. Delta Djakarta sejak tahun 1970-an.

Wacana pelepasan saham bir ini sudah dibicarakan antara Sandiaga dengan pasangannya, Anies.

"Saya sudah sampaikan ke Pak Anies mohon didukung karena itu janji sudah saya sampaikan jauh-jauh hari," kata Sandiaga.

Wakil ketua dewan pembima Partai Gerindra ini yakin masyarakat masih ingat janji-janjinya saat kampanye dulu, salah satunya melepas saham DKI di perusahaan bir jika terpilih. Janji itu, kata Sandiaga, pernah dilontarkannya ke masyarakat sekitar bulan Maret hingga Juni 2016.

"Lebih dari satu tahun yang lalu janji itu. Keluarga juga ingat janji itu," ujar dia.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI