Temui PM Jepang, Wapres JK Ajak Kerja Sama Asian Games

Kemitraan pernah dilakukan saat Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 1962.

Rizki Nurmansyah Suara.Com
Selasa, 06 Juni 2017 | 13:58 WIB
Temui PM Jepang, Wapres JK Ajak Kerja Sama Asian Games
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua dari kiri) didampingi Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif (kiri) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kanan) di Tokyo, Jepang, Senin (5/6). [Antara]

Suara.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla, selaku ketua Pengarah Panitia Pelaksana Asian Games, mempromosikan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang kepada Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Juru Bicara Wapres Husain Abdullah mengatakan di Tokyo, Selasa (6/6/2017), bahwa "pitching" atau penjajakan kerja sama tentang Asian Games 2018 tersebut dilakukan saat keduanya menghadiri resepsi koktail dan makan malam yang diselenggarakan Nikkei di Hotel Imperial Tokyo, Senin (5/6/2017) malam.

"Pak Wapres mengharapkan Indonesia dan Jepang dapat bermitra dalam menyelenggarakan Asian Games mengingat Tokyo juga akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020," kata Husain.

Menurut Jubir Wapres, kemitraan dalam penyelenggaraan ajang olahraga tersebut, juga pernah dilakukan saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games di Jakarta pada 1962.

Namun, Husain menambahkan hasilnya belum terlihat karena pembicaraannya masih bersifat informal.

Saat ini, pemerintah Indonesia dan Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC) telah memulai penawaran "sponsorship" ajang Asian Games di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus-2 September 2018.

Di dalam negeri, Wapres RI telah melakukan pertemuan terkait sponsorship Asian Games dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan pimpinan perusahaan BUMN, antara lain Bank Mandiri, BNI, BRI, Pertamina, dan PT Telkom.

Secara keseluruhan, pemerintah menargetkan pemasukan sekitar Rp1,5 hingga Rp2 triliun dari sponsorship Asian Games 2018. (Antara)

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI