SMRC: Pilkada Jakarta Tak Pengaruhi Politik Nasional

"Di bidang politik massa nasional menilai keadabannya sedang atau baik," kata dia.

Kamis, 08 Juni 2017 | 19:45 WIB
SMRC: Pilkada Jakarta Tak Pengaruhi Politik Nasional
Peneliti SMRC Djayadi Hanan [suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Suara.com - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting merilis hasil survei bertajuk Kondisi Politik Nasional Pasca Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Survei dilakukan secara nasional pada 14 sampai 20 Mei 2017 dengan responden valid sebanyak 1.350 atau 90 persen dari total sampai awal sebesar 1.500 orang. Metodenya multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden diberi pertanyaan: bagaimana bapak atau ibu melihat keadaan politik nasional sekarang? Sangat baik, baik, sedang, buruk, atau sangat buruk.

Sebanyak 35 persen menyebut kondisi politik nasional berada di kondisi sedang. Sebanyak 28 persen menyebut kondisi baik, 21 persen menyatakan kondisi buruk, 3 persen menyatakan sangat buruk, 1 persen sangat baik dan 11 persen menyatakan tidak tahu.

"Di bidang politik massa nasional menilai keadabannya sedang atau baik. Tidak banyak perubahan, bahkan yang mengatakan buruk lebih sedikit sekarang dibanding enam lalu," ujar peneliti SMRC Djayadi Hanan dalam jumpa pers di kantor SMRC, Jalan Cisadane, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (8/6/2017).

Responden juga ditanya soal penegakan hukum, sebanyak 45 persen responden menyebut secara nasional dalam keadaan baik. Sebanyak 28 persen menyatakan dalam keadaan sedang, 19 persen menyatakan dalam keadaan buruk, 2 persen menyatakan sangat buruk, 1 persen dan lima persen tidak tahu.

Djayadi mengatakan survei juga menanyakan soal kondisi keamanan dan ketertiban juga dalam kondisi baik yakni sebanyak 58 persen. Sebanyak 26 persen menyatakan sedang, 11 menyatakan kondisi buruk, 2 persen sangat baik dan 2 persen tidak tahu.

"Penilaian atas kondisi hukum, keamanan dan ketertiban juga tidak ada perubahan berarti dalam enam bulan terakhir, atau sebelum dan sesudah Pilkada DKI yang menyita perhatian nasional itu," kata dia.

Maka dari itu, dia mengatakan hasil survei pasca pilkada berakhir dengan damai.

"Pilkada DKI berakhir dengan damai meskipun massa kampanye sebelum pemilihan berlangsung panas," kata dia.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI