Lampu Jalan Tambahan Dipasang di Jalur Mudik Cijapati

Dishub Garut telah menambah 145 titik penerangan jalan tersebar di jalur kabupaten, provinsi maupun nasional.

Senin, 19 Juni 2017 | 16:47 WIB
Lampu Jalan Tambahan Dipasang di Jalur Mudik Cijapati
Iluustrasi lampu jalan. [suara.com/Oke Atmaja]

Suara.com - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, memasang penerangan jalan umum di jalur alternatif Cijapati yang menghubungkan Kabupaten Bandung dengan Garut untuk kelancaran pengguna jalan pada musim arus mudik Lebaran 2017.

"Untuk jalur alternatif Cijapati yang semula tidak ada, sekarang sudah dipasang PJU (penerangan jalan umum)," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman kepada wartawan di Garut, Senin (19/6/2017).

Jalur alternatif Cijapati seringkali digunakan kendaraan pemudik apabila terjadi kemacetan di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung. Penerangan jalan di Jalur Cijapati itu, kata dia, penting dipasang untuk kenyamanan dan keamanan pengendara saat malam hari.

"Kita upayakan agar lampu di jalan alternatif maupun jalan raya lainnya nyala, tidak ada yang padam," katanya.

Dishub Garut telah menambah 145 titik penerangan jalan tersebar di jalur kabupaten, provinsi maupun nasional.

Selain itu, lanjut dia, seluruh lampu jalan yang semula padam maupun rusak akan diperbaiki untuk membantu pemudik yang melakukan perjalanan malam hari.

"Saya pastikan penerangan jalur mudik di Garut semuanya nyala," katanya.

Ia berharap, keberadaan penerangan jalan itu dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas maupun kejahatan saat malam hari.

Selain penerangan, kata dia, Dinas Perhubungan telah memasang berbagai rambu-rambu lalu lintas juga pembatas jalan (water barrier) untuk kenyamanan pengguna jalan.

"Kita sudah siapkan 'water barrier' dan rambu-rambu untuk membantu polisi dalam mengatur lalu lintas," katanya. (Antara)

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI