Mobil Ditinggal di Rumah Saat Mudik? Perhatikan 3 Hal Ini

"Semakin canggih mobilnya, semakin banyak konsumsi listriknya."

Senin, 26 Juni 2017 | 07:07 WIB
Mobil Ditinggal di Rumah Saat Mudik? Perhatikan 3 Hal Ini
Ilustrasi mobil memasuki garasi (Shutterstock).

Suara.com - Sebagian orang lebih memilih meninggalkan mobil mereka di rumah dan pergi mudik dengan transportasi umum seperti pesawat, bus, atau kereta api. Tapi, apakah mereka sudah tahu bahwa mobil yang ditinggal mudik perlu mendapat beberapa perlakuan khusus?

Mobil yang Anda taruh di garasi rumah saat pergi mudik bisa diam di tempat selama seminggu hingga dua minggu. Head of Field PC Quality Support Section PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Irwansyah Siregar mengingatkan, tekanan angin pada keempat ban mobil sebaiknya diperbesar.

"Kalau tekanan angin standarnya 30psi, naikkan sekitar 36-40psi. Ini untuk meminimalisir 'flat spot' karena mobil diam dalam waktu lama. Nanti kalau sudah (pulang mudik) dikempeskan lagi," kata Irwansyah ketika dihubungi Suara.com, beberapa waktu lalu.

Sekadar mengonfirmasikan, flat spot adalah istilah untuk menyebut ban yang tidak rata atau menjadi datar di satu titik tertentu. Flat spot terjadi karena ban bertumpu pada satu area tertentu saja secara terus-menerus dalam waktu lama.

Lebih lanjut, tindakan kedua pada mobil yang ditinggal mudik, menurut Irwansyah, ialah mencopot kabel terminal aki. Langkah ini makin menjadi suatu keharusan untuk mobil-mobil terkini yang serba terkomputerisasi.

Pasalnya, mobil-mobil tersebut, meski dalam keadaan mati total, tetap perlu mengeluarkan arus listrik untuk menyuplai sektor-sektor seperti memori komputer, memori jam, dan sebagainya. Arus listrik yang keluar. Sekurang-kurangnya ialah 0,01 ampere per hari.

"Semakin canggih mobilnya, semakin banyak konsumsi listriknya. Supaya enggak cepat soak, sebaiknya copot saja terminal akinya," ucap Irwansyah lagi.

Satu hal terakhir ialah memastikan lampu kabin tidak ada yang menyala. Sebabnya adalah lampu kabin mengonsumsi listrik dalam jumlah lumayan besar.

"Memang mobil-mobil generasi sekarang ada fitur Auto Cut-off. Jadi, lampu kabin dalam 30 detik ke depan dimatikan secara otomatis. Tapi, kan, itu tergantung jenis mobilnya," tutup dia.

suara hati ramadan 1445 H

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

OTOMOTIF

TERKINI