Tujuan Mudik Terjadi Peningkatan Trafik Data Tertinggi Telkomsel

Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran.

Dythia Novianty Suara.Com
Jum'at, 30 Juni 2017 | 03:14 WIB
Tujuan Mudik Terjadi Peningkatan Trafik Data Tertinggi Telkomsel
Direksi Telkomsel melakukan pemantauan jaringan layanan. [Dok. Telkomsel]

Suara.com - Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Perusahaan mengalami lonjakan penggunaan layanan data lebih dari 136 persen menembus angka lebih dari 6.000 TB (Terabyte) di hari Lebaran.

Angka tersebut meningkat dibandingkan periode yang sama di tahun 2016. Jika dibandingkan dengan hari normal selama 2017, layanan ini juga mengalami kenaikan lebih dari 27 persen.

Penggunaan layanan data paling banyak dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mengakses media sosial (36 persen), disusul layanan video streaming (29 persen).

Peningkatan trafik layanan data tertinggi terjadi di daerah-daerah tujuan mudik. Wilayah Sumatera meningkat lebih dari 36 persen, sementara Jawa Bali (diantaranya meliputi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur) mencapai lebih dari 32 persen, jika dibandingkan dengan hari normal 2017.

Namun secara nominal, trafik layanan data tertinggi berada di wilayah Jabotabek Jabar menembus angka lebih dari 1.700 TB (Terabyte), disusul dengan area Jawa Bali yang mengkonsumsi lebih dari 1.645 TB (Terabyte).

Peningkatan yang signifikan juga terjadi di beberapa lokasi titik berkumpulnya pemudik seperti Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kuala Namu, Pelabuhan Merak, exit tol Kaliangsa, Rest Area km 9 Cibubur, dan Pelabuhan Ferry Kolaka (Sulawesi Tenggara). Peningkatan juga terpantau naik di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, seperti Batu Karas (Pangandaran), Ancol, Pantai Kuta, dan Kota Bunga (Puncak).

Sementara itu, layanan suara dan SMS tidak mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan trafik di hari normal. Trafik layanan suara turun 6 persen menjadi 1,3 miliar menit, sementara SMS cenderung stagnan di angka 740 juta SMS.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan, jaringan perusahaan berfungsi dengan baik di momen Lebaran. Jauh hari sebelumnya Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggan yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

"Kami berharap jaringan kami dapat membantu pelanggan untuk tetap lancar berkomunikasi, sehingga momen yang bahagia ini, dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk mendorong terjalinnya tali silaturahmi,” ucapnya dalam keterangan resminya.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

suara hati ramadan 1445 H

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TEKNO

TERKINI