Begini Cara Kementerian PUPR Atasi Problem Jalan Tol Saat Mudik

Pada masa arus mudik sejak 15-27 Juni 2017, mobil toilet melayani pemudik di TI KM 166 dan KM 207 tol Jakarta-Cipali-Pejagan.

Selasa, 11 Juli 2017 | 14:38 WIB
Begini Cara Kementerian PUPR Atasi Problem Jalan Tol Saat Mudik
Ratusan pemudik menikmati mobil toilet yang disediakan Kementerian PUPR di beberapa jalan tol. [Dok Kementerian PUPR]

Salah satu problematika yang dihadapi masyarakat ketika melakukan perjalanan mudik Lebaran adalah kurangnya fasilitas toilet umum di Tempat Istirahat (TI) jalan tol. Dalam masa-masa libur seperti Lebaran, tak jarang antrean panjang terlihat mengular di depan pintu masuk toilet umum.

Suparti, pemudik asal Jakarta, bersyukur perjalanan mudiknya tahun ini tak sampai membuatnya menahan buang air. Hal tersebut berkat adanya bantuan mobil toilet yang disediakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Fasilitasnya bagus, tidak jorok. Toilet yang disediakan rest area kan sudah penuh, menurut saya (mobil toilet) perlu diperbanyak,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (9/7/2017).

Kala itu Suparti menikmati fasilitas mobil toilet yang berada di tempat istirahat tol Cikopo-Palimanan KM 166. Toilet tersebut terdiri dari empat bilik untuk laki-laki dan perempuan, serta memiliki akses air bersih dan sanitasi yang terintegrasi dengan TI jalan tol.

Kepala Satker Tanggap Darurat Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Abdul Hakam menyatakan, pada arus mudik tahun ini pihaknya menyiagakan 13 MTU di 11 titik TI dalam tiga ruas tol yaitu tol Cikopo—Palimanan (Cipali), Tangerang—Merak dan Purbaleunyi. Jumlah itu bertambah dari tahun sebelumnya di mana pihaknya hanya menyediakan di empat lokasi berbeda.

“Sejauh ini kita punya total 17 MTU, 13 unit memiliki empat bilik, sisanya empat unit yang khusus untuk presiden. Kita memang ada rencana pengadaan unit baru untuk kebutuhan lebaran tahun depan,”jelasnya baru-baru ini.

Dia menambahkan, semula Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengajukan kepada Ditjen Cipta Karya mengenai penyediaan mobil toilet di 16 lokasi TI jalan tol. Namun, pada akhirnya hanya 11 lokasi TI yang disetujui dengan berbagai pertimbangan, yaitu ketersediaan air bersih, septic tank TI yang memadai, serta lokasi yang tidak menimbulkan kemacetan.

Pada masa arus mudik sejak 15-27 Juni 2017, mobil toilet melayani pemudik di TI KM 166 dan KM 207 tol Jakarta-Cipali-Pejagan, TI KM 33 dan 68A tol Jakarta-Merak, serta TI KM 147 tol Jakarta-Padaleunyi.

Pada H+2 lebaran yakni 28 Juni 2017, mobil toilet berpindah untuk melayani arus balik di TI KM 164 dan KM 208 di tol Jakarta-Cipali-Pejagan, TI KM 45 dan 68 B di tol Jakarta-Merak, serta TI KM 125 dan 72 B di tol Jakarta-Padaleunyi hingga 9 Juli 2017.

suara hati ramadan 1445 H

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BISNIS

TERKINI