Wisata Akhir Pekan, "Nyok" Lebaran Betawi di Setu Babakan!

Warga DKI Jakarta punya hajatan besar yang berlangsung pekan ini, 29-30 Juli 2017.

Sabtu, 29 Juli 2017 | 19:00 WIB
Wisata Akhir Pekan, "Nyok" Lebaran Betawi di Setu Babakan!
Persiapan wisata Lebaran Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan. [Suara.com/Firsta Putri Nodia]

Warga DKI Jakarta punya hajatan besar yang berlangsung pekan ini, 29-30 Juli 2017. Hajatan tersebut bertajuk Lebaran Betawi, agenda halal bihalal sekaligus pertunjukkan seni budaya betawi yang akan berlangsung di Kampung Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Ketua Umum Bamus Betawi, Zainudin mengatakan ini merupakan pelaksanaan Lebaran Betawi yang ke-10. Lelaki yang akrab disapa Oding ini mengatakan bahwa perhalatan Lebaran Betawi ini sekaligus membawa pesan syukur dari warga DKI terhadap pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena telah mengeluarkan peraturan daerah tentang pelestarian budaya Betawi. Selain itu, peraturan gubernur tentang pelaksanaan pelestarian budaya Betawi juga sudah dikeluarkan.

"Dengan keluarnya peraturan ini maka jadi pengakuan bahwa orang betawi dan budayanya resmi secara hukum jadi tuan rumah di Ibukota tercinta ini," ujar dia ketika ditemui Suara.com, di Kampung Betawi Setu Babakan, Jumat (28/7/2017).

Nantinya perhelatan yang juga menjadi ajang silahturahmi warga DKI Jakarta ini akan dipusatkan di lokasi ini hingga tahun-tahun mendatang.

"Kampung Betawi di Setu Babakan ini kan lengkap, ada danaunya, rumah-rumah betawi, tempat pagelaran, kuliner, panggung hiburan. Sekaligus kami akan kenalkan tempat ini jadi destinasi wisata di Jakarta," tambah Oding.

Berbagai rangkaian acara telah disiapkan untuk meramaikan acara Lebaran Betawi 2017 ini. Pengunjung bisa menyaksikan pertunjukkan seni mulai dari tanjidor, orkes gambang kromong, tarian betawi, atraksi silat betawi, palang pintu, hingga perlombaan mancing mania yang memperebutkan berbagai hadiah menarik.

Berdasarkan pantauan Suara.com, ada beberapa bazar di pinggir Setu Babakan yang menjual makanan khas betawi mulai dari kerak telor, dodol betawi, soto betawi hingga pakaian adat betawi.

Acara ini berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB dan tidak dipungut biaya alias gratis. Bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan umum, telah disiapkan armada feeder bus transjakarta dari Universitas Pancasila menuju Jalan Lenteng Agung dan Jalan Mochammad Kahfi ke PBB Setu Babakan. Kemudian, dari lokasi tersebut bus akan kembali lagi ke Universitas Pancasila.

Berikut video tentang kemeriahan dan serunya Lebaran Betawi di Setu Babakan, tonton "nyok"!

Suara.com -

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

LIFESTYLE

TERKINI