Gelar Turnamen Catur, DPR RI Dapat Rekor MURI

Bangun Santoso | Yosea Arga Pramudita
Gelar Turnamen Catur, DPR RI Dapat Rekor MURI
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat membuka turnamen catur DPR RI. (Suara.com/Arga)

Jumlah peserta turnamen membludak dari target yang telah ditetapkan, peserta berasal dari berbagai daerah i Indonesia

Suara.com - DPR RI baru saja menerima rekor dari Museum Rekor Indonesia atau MURI usai menggelar turnamen catur dengan jumlah peserta mencapai ribuan orang. Turnamen bertajuk "Piala Ketua DPR RI" itu digelar di Gedung Nusantara III, Kompleks DPR RI, Sabtu (23/3/2019).

Turnamen ini diiikuti lebih dari seribu peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Turut hadir dalam acara itu mulai dari Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua PB Percasi GM Adianto, Ketua Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana, Wakik Ketua DPR Fadli Zon, dan Anggota DPR Fraksi NasDem Taufiqulhadi.

Turnamen ini mendapatkan penghargaan dari MURI lantaran jumlah pesertnya mencapai ribuan. Para peserta terdiri dari berbagai kategori usia.

"MURI memberikan piagam rekor dunia kepada kami, DPR sebagai penyelenggara turnamen catur dengan peserta master terbanyak," ujar Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Sabtu (23/3/2019).

Baca Juga: Alumni Jogja Satukan Indonesia Deklarasi Dukungan untuk Jokowi

Bamsoet--sapaan akrab Bambang Soesatyo--mengatakan, pihaknya awalnya menargetkan hanya 1.000 peserta dalam turnamen tersebut. Namun, jumlah peserta yang hadir melampaui jumlah yang ditargetkan.

"Dari seluruh Indonesia. Jadi saya tadi meninjau ke belakang, keliling. Jadi mereka (peserta) terbanyak dari Jabodetabek. Tapi ada juga yang dari Aceh, Riau, Ambon, dan hampir seluruh daerah di Indonesia hadir di sini. Ada 1.050 lebih ada di sini. Sebenarnya target kita seribu, tapi ini melampaui target kita," ujarnya.

Politisi Partai Golkar tersebut mengatakan, tujuan diselenggarakannya turnamen catur ini merupakan upaya menciptakan kedamaian di tengah situasi politik yang memanas. Ia pun berharap, turnamen ini dapat rutin diselenggarakan setiap tahun.

"Saya kira turnamen ini diselenggarakan di tengah-tengah hiruk pikuk politik yang makin memanas. Saya berharap ini bisa menciptakan suasana baru dengan kegiatan semacam ini. Sehingga fokus perhatian publik maupun para timses yang sedang berkontestasi," papar Bamsoet.

"Saya berharap bisa memacu DPR untuk bisa terus mengadakan secara rutin turnamen ini sampai periode yang akan datang," tambahnya.

Baca Juga: Pakar Penerbangan Indonesia Alvin Lie Kaget Dikira Pilot Gadungan

Sementara, Ketua MURI Jaya Suprana mengapresiasi DPR RI atas terselenggaranya turnamen ini. Baginya, tujuan turnamen ini dapat menciptakan kondisi hangat di tengah-tengah tahun politik yang sedang berlangsung.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI