Sebagai Bangsa Besar, Indonesia harus Jadi Negara Berdaulat

Fabiola Febrinastri
Sebagai Bangsa Besar, Indonesia harus Jadi Negara Berdaulat
Anggota Komisi II DPR, Muhamamd Afzal Mahfudz. (Dok : DPR)

Ke depan, kesejahteraan masyarakat harus dapat ditingkatkan.

Suara.com - Anggota Komisi II DPR, Muhamamd Afzal Mahfudz menuturkan, Indonesia adalah bangsa yang besar karena memiliki sumber daya alam (SDA) dan jumlah sumber daya manusia (SDM) yang besar, sehingga sudah semestinya Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat dan tumbuh, sebagaimana misi Indonesia 2045. RAPBN 2020 adalah gerbang untuk memulai penataan menuju bangsa yang lebih disegani dunia.

Untuk menjadi bangsa yang berdaulat, pemerintah dituntut untuk mampu membuat kebijakan yang mengarah pada pemerataan ekonomi, peningkatan lapangan kerja, dan perbedayaan masyarakat di tengah isu pemindahan ibu kota. Di sisi lain, perkembangan ekonomi global akhir-akhir ini mengalami ujian yang tidak mudah.

“Indonesia harus bertekad jadi negara yang berdaulat dan tumbuh berkembang sesuai misi Indonesia 2045, saat 100 tahun kemerdekaan. Pemerintah harus menempuh hal-hal pemerataan akses hidup layak, lapangan kerja, kepemilikan aset, bantuan dan pemberdayaan masyarakat di tengah isu pemindahan ibu kota,” ujarnya, saat membacakan pandangan Fraksi Partai Demokrat tentang RAPBN 2020 beserta Nota Keuangannya di hadapan Rapat Paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Di lain hal, Fraksi Partai Demokrat pun memberikan apresiasinya atas kerja pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi di tengah kondisi ekonomi global yang punya tantangan besar, sehingga ke depan, kesejahteraan masyarakat harus dapat ditingkatkan.

Baca Juga: DPR Dorong Pengembangan Riset di Indonesia

“Kami juga minta pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan pertumbuhannya bisa dirasakan seluruh rakyat ndonesia,” ujar Afzal.

Ia menambahkan, fraksinya mendukung dan mendorong pemerintah untuk memaksimalkan lagi tingkat pertumbuhan ekonomi. Ke depan, tantangan yang dihadapi pemerintah akan semakin besar, terlebih Indonesia mengalami bonus demografi yang harus dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“F-PD mendukung dan mendorong pemerintah dalam memaksimalkan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah wajib lebih keras lagi meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih besar, meningkatnya pertumbuhan ekonomi menandakan peningkatan kesejahteraan di masyarakat pula,” pungkas legislator asal Sulawesi Barat ini.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI