DPR Tegaskan akan Perjuangkan Prolegnas Prioritas 2020

Fabiola Febrinastri
DPR Tegaskan akan Perjuangkan Prolegnas Prioritas 2020
Wakil Ketua Baleg DPR RI Rieke Dyah Pitaloka. (Dok : DPR)

Salah satu tugas DPR adalah membuat undang-undang bersama dengan pemerintah.

Suara.com - Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menegaskan akan memperjuangkan 50 Rancangan Undang-Undang (RUU) dalam Program Legislasi Nasional (Prolgenas) Prioritas 2020, untuk kemudian ditetapkan dan disahkan dalam rapat paripurna DPR dengan Kementerian Hukum dan HAM, serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

“Sebagaimana diketahui, dalam Rapat Paripurna terdahulu hanya ditetapkan Prolegnas jangka panjang atau lima tahunan. Sementara Prolegnas Prioritas Tahun 2020 yang sudah diputuskan Panja (Panitia Kerja Prolegnas Prioritas 2020) belum bisa ditetapkan di Paripurna karena satu dan lain hal,” ujar Wakil Ketua Baleg DPR, Rieke Dyah Pitaloka, dalam rapat penyusunan dan pengesahaan rancangan jadwal acara rapat Baleg di ruang rapat Pansus B, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Oleh karena itu, politisi Fraksi PDI Perjuangan ini melanjutkan, Baleg DPR berkomitmen untuk terus memperjuangkan Prolegnas Prioritas 2020 tersebut, untuk bisa segera ditetapkan di Paripurna, tentu setelah melalui pembahasan kembali.

Pada kesempatan itu, Rieke juga mengingatkan, jika Prolegnas Prioritas 2020 tidak segera ditetapkan di Paripurna DPR, maka sepanjang tahun 2020, DPR termasuk seluruh komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di dalamnya, tidak bisa membahas atau menyusun serta menghasilkan produk perundang-undangan.

Baca Juga: Jokowi Sebut Omnibus Law Diajukan ke DPR Minggu Ini

Padahal salah satu tugas DPR adalah membuat undang-undang bersama dengan pemerintah, sehingga selain menjadi tugas konsitusi, sudah menjadi tanggung jawab moril DPR, khususnya Baleg untuk membuat undang-undang. Namun tentunya terlebih dahulu Prolegnas Prioritas 2020 ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI bersama dengan pemerintah.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI