Bendungan Sindang Heula Diharapkan Bantu Ketersedian Air Bersih di Banten

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Bendungan Sindang Heula Diharapkan Bantu Ketersedian Air Bersih di Banten
Anggota Komisi V DPR RI Tubagus Haerul Jaman usai meninjau Bendungan Sindang Heula bersama Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI, di Serang, Banten. (Dok : DPR).

Khususnya di Kota dan Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan wilayah sekitarnya.

Suara.com - Anggota Komisi V DPR RI Tubagus Haerul Jaman berharap dengan selesainya pembangunan Bendungan Sindang Heula di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, bisa membantu ketersedian air baku dan perairan pertanian untuk masyarakat wilayah Banten.

Khususnya di Kota dan Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan wilayah sekitarnya.

“Saya berharap dengan kedatangan bersama tim (Komisi V DPR RI) ke sini, guna melihat Bendungan Sindang Heula yang sudah rampung pengerjaannya seratus persen, bisa bermanfaat bagi warga sekitar. Karena saya melihat ke depannya warga sangat membutuhkan air bersih,” harap Tubagus usai meninjau Bendungan Sindang Heula bersama Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI, di Serang, Banten, Kamis (17/9/2020).

Lebih lanjut Tubagus menjelaskan, selain Bendungan Sindang Heula, di Banten juga ada Bendungan Karian yang saat ini sedang dalam progres pengerjaan untuk pengelolaan Sistem Peneyedia Air Minum  (SPAM).

Baca Juga: Kebakaran Kejagung, DPR Minta Kabareskrim Bergerak Cepat Cari Pelakunya

Diketahui, rencananya Bendungan Karian yang terletak di Kabupaten Lebak nantinya jika sudah selesai, tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan air di wilayah Banten dan sekitarnya, namun juga untuk wilayah DKI Jakarta. 

Bendungan Karian di rancang dengan ketinggian 63,5 meter Panjang 516 meter dan volume tamping air dengan totak 314.7 juta meter kubik dengan luas genanagan 1.740 hektar.

"Saya bersama teman-teman di Komisi V tentunya mengupayakan dan mengusulkan kebutuhan-kebutuhan air yang sangat diperlukan untuk hidup hajat orang banyak, khususnya terkait dengan Sumber Daya Air (SDA) dapat bermanfaat untuk masyarakat Banten, di Kabupaten Serang dan Celegon,” tutup legislator dapil Banten II itu.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI