Gus AMI: Perusahan Wajib Ikutkan Karyawan Vaksin Gotong Royong

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Gus AMI: Perusahan Wajib Ikutkan Karyawan Vaksin Gotong Royong
Wakil Ketua DPR, Abdul Muhaimin Iskandar. (Dok: DPR)

Program vaksinasi Covid-19 masih jauh dari target

Suara.com - Program vaksinasi mandiri atau gotong royong resmi dimulai pada hari ini, Selasa (18/5/2021). Untuk tahap awal, hanya ada sebanyak 19 perusahaan yang mulai melakukan vaksinasi mandiri.

Wakil Ketua DPR Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar berharap, semua perusahaan bisa mendaftarkan karyawannya untuk dilakukan vaksinasi mandiri. Tindakan ini diperlukan sebagai upaya untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Dikatakan Gus AMI, sapaan akrab Abdul Muhaimin Iskandar, selama ini, cukup banyak kasus penyebaran Covid-19 dalam klaster perusahaan. Vaksinasi mandiri diharapkan bisa mencegah terjadinya penularan kasus di lingkup perusahaan dan keluarga karyawan.

”Cukup banyak klaster perusahaan dalam penularan Covid-19. Hal itu juga menyebabkan kerugian bagi perusahaan itu sendiri. Makanya untuk mencegah penularan di lingkup perusahaan maka vaksinasi mandiri ini akan sangat membantu mencegah terjadinya penularan. Kalau para karyawan sehat maka perusahaan juga akan tetap produktif,” ujar Gus AMI, Selasa (18/5/2021).

Ketua Tim Pengawasan Penanganan Bencana Covid-19 DPR ini mengatakan, vaksinasi mandiri merupakan wujud kontribusi pihak swasta atau perusahaan dalam mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi nasional yang digagas oleh pemerintah.

”Kalau semua kita bergantung kepada pemerintah sendiri tentu ini berat makanya disinilah pentingnya gotong royong. Perusahaan yang selama ini sudah mendapatkan input dari para karyawan, sudah seharusnya memberikan servis, dalam hal ini layanan kesehatan kepada para karyawannya,” tuturnya.

Mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, vaksinasi gotong royong atau mandiri bisa diikuti semua badan hukum/badan usaha. Karyawan/karyawati, keluarga, dan individu lain terkait dalam keluarga bisa diikutsertakan dalam program vaksinasi mandiri ini.

Menurutnya, keterlibatan pihak swasta akan mempercepat capaian target vaksinasi nasional. Dengan begitu, pandemi Covid-19 diharapkan bisa semakin cepat diatasi.

Sejauh ini, kata Gus AMI, program vaksinasi Covid-19 masih jauh dari target capaian. Mengacu pada data Dashboard Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan per hari ini, capaian vaksinasi masih cukup jauh dari target sasaran.

Dari total target sasaran sebanyak 40.349.049 orang yang meliputi tenaga kesehatan, lanjut usia dan petugas publik, untuk Vaksinasi Dosis I baru tercapai 34,58 persen atau setara 13.951.975 orang. Sementara untuk vaksinasi dosis 2 baru tercapai 22,92 persen atau setara 9.247.600 penerima.

Baca Juga: Ketua Kadin Ungkap Awal Mula Pengusaha Tertarik Vaksin Gotong Royong

”Semakin cepat proses vaksinasi dilakukan, harapan kita semua pandemi ini segera berakhir,” tuturnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI