DPR Komisi VII Apresiasi Kinerja SKK Migas Tahun 2020

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
DPR Komisi VII Apresiasi Kinerja SKK Migas Tahun 2020
Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto. (Dok: DPR)

Pemerintah diminta untuk mewaspadai sektor geopolitik di Timur Tengah.

Suara.com - Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mengapresiasi kinerja SKK Migas pada tahun 2020. Dia menyatakan, di tengah pandemi Covid-19 yang menyebabkan menurunnya harga migas dunia beberapa waktu lalu, dengan melihat indikator sektor hulu migas, maka secara umum SKK Migas telah melakukan kinerjanya yang baik di tahun 2020. Menurutnya hal tersebut patut diapresiasi dan diharapkan terus berlangsung pada tahun 2021.

“Dengan kecenderungan pandemi Covid-19 yang terus menurun serta keberhasilan program vaksinasi dan meningkatnya harga minyak mentah dunia (West Texas Intermediate/WTI) hingga mencapai 65 dolar AS per barel dan brent sebesar 68,71 dolar AS per barrel, bisa menjadi faktor pendukung optimisme recovery industri migas nasional,” ucap Sugeng saat memimpin Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI dengan Kepala SKK Migas dan 7 KKKS terbesar di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Namun demikian, sambung Sugeng, perlu diwaspadai juga dalam sektor geopolitik di Timur Tengah yang sebagaimana diketahui Timur Tengah merupakan jantung dari sektor minyak dan gas dunia, atas rencana penjatuhan embargo ekonomi terhadap negara Iran, yang akan berdampak pada melimpahnya suplai minyak mentah sehingga bisa mengganggu stabilitas pergerakan harga.

"Karena pergerakan harga tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap kinerja industri migas nasional," ujarnya.

Baca Juga: Kapan Tambang Emas di Luwu Berproduksi ? Ini Penjelasan Kementerian ESDM

Dalam agenda Rapat Dengar Pendapat dengan Kepala SKK Migas tersebut, Komisi VII DPR RI ingin memperoleh informasi dan penjelasan dari Kepala SKK Migas mengenai year to year date dan prognosa penerimaan negara sektor hulu migas, lifting migas, realisasi cost recovery dan ICP tahun 2021. Selain itu juga untuk mengetahui proyeksi target penerimaan negara sektor hulu migas, lifting migas, cost recovery dan ICP tahun 2022, serta mendapatkan penjelasan mengenai semua peralihan semua blok-blok yang telah selesai kontrak.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI