DPR dan BPIP Pastikan Adanya Nafas Pancasila dalam Setiap Undang-Undang

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
DPR dan BPIP Pastikan Adanya Nafas Pancasila dalam Setiap Undang-Undang
Ketua DPR, Puan Maharani. (Dok: DPPR)

Pancasila sebagai jiwa bangsa jangan hanya ditempatkan sebagai slogan dan simbol.

Suara.com - Ketua DPR, Puan Maharani menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman antara DPR RI dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan semangat untuk memastikan adanya nafas Pancasila dalam setiap peraturan perundang-undangan yang akan dilahirkan dari Parlemen. Puan menyatakan, sebagai bangsa Indonesia harus bangga memiliki Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia dan sebagai identitas atau DNA bangsa.

“Pancasila sebagai jiwa bangsa tidak semata-mata ditempatkan sebagai slogan dan simbol. Sangat penting untuk memastikan agar negara menjamin bahwa Pancasila mengisi seluruh tatanan politik, sosial, ekonomi, budaya dan kehidupan beragama sebagai jiwa bangsa dalam menjalankan kehidupan bernegara,” ujar Puan saat pidato Penandatanganan Nota Kesepahaman DPR RI dan BPIP RI serta talkshow bertema ‘Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Peraturan Perundang-Undangan’, di Ruang Pustakaloka, Gedung Nusantara IV, Senayan, Jakarta, Senin (21/6/2021). 

Politisi PDI-Perjuangan itu mengatakan, dalam mewujudkan Pancasila dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara membutuhkan politik negara dalam pembangunan dan pengembangan hukum nasional. Dimana, politik negara tersebut diarahkan untuk menjadikan Pancasila sebagai dasar dan tujuan dari setiap hukum di Indonesia, hukum nasional yang bercita hukum Pancasila. Di dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Perundang-Undangan juga disebutkan dalam Pasal 2 bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara.

Puan mengingatkan, tantangan bagi pembentuk perundang-undangan adalah bagaimana menempatkan Pancasila bisa teraktualisasi dalam proses pembentukan peraturan perundang-undangan yang ‘embedded’ dalam setiap tahapan. Di samping tidak bertentangan dengan Pancasila, norma-norma yang dibuat harus menjiwai dan mencerminkan nilai-nilai yang ada didalam Pancasila. Maka, dalam prosesnya perlu dilakukan preview nilai-nilai Pancasila dalam setiap RUU yang diusulkan oleh DPR maupun pemerintah.

Baca Juga: Fahri Hamzah: Selamat Milad Presiden Jokowi, Semoga Diberi Jalan Terang

“Tujuannya, untuk menjamin tidak ada norma dalam setiap UU nantinya yang bertentangan dengan Pancasila. DPR berharap agar BPIP terus melakukan sosialisasi dan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menguatkan Pancasila sebagai bintang penuntun kehidupan berbangsa dan bernegara. BPIP perlu juga menjadi garda terdepan dalam menjaga dan mengembangkan pemikiran-pemikiran yang memperkuat Pancasila. Kita harus yakin seyakin-yakinnya bahwa selama Pancasila masih ada di hati semua orang Indonesia, maka selama itu juga Indonesia akan terus ada,” pungkas legislator dapil Jawa Tengah V itu.

Sementara itu, Kepala BPIP, Yudian Wahyudi menekankan sudah selayaknya lembaga negara, kementerian lembaga, pemerintah daerah, organisasi sosial politik dan komponen masyarakat lainnya mendorong pemahaman yang kuat dan menyeluruh bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pemikiran dan warisan dari leluhur bangsa dapat selalu diamalkan dan dipelajari dari generasi ke generasi sehingga menjadikan nilai-nilai Pancasila yakni Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah dan Keadilan dapat teraktualisasikan dengan baik dalam semangat gotong royong.

Turut hadir dalam acara yang digelar dengan protokol kesehatan ketat itu antara lain Wakil Ketua DPR RI Korinbang Rachmat Gobel, Wakil Ketua DPR RI Korkesra Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto dan Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar. Lalu secara virtual, Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarno Putri, Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Try Soetrisno, Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Wisnu Bawa Tenaya dan Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susetyo. 


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI