Gus Imin: Perlu Tindakan Ekstrem Cegah Narkoba Zombie Masuk RI

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
Gus Imin: Perlu Tindakan Ekstrem Cegah Narkoba Zombie Masuk RI
Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin). (Dok: DPR)

Sebagai negara maritim, Indonesia punya banyak jalur masuk.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) mendorong Pemerintah bersama instansi terkait lainnya melakukan tindakan ekstrem mencegah masuknya Narkoba 'Zombie' di Indonesia.

Menurutnya, tindakan preventif harus dilakukan demi melindungi generasi penerus bangsa dari jerat penyalahgunaan narkotika.

"Saya kira pemerintah dan aparat terkait perlu melakukan tindakan ekstrem, bagaimanapun Narkoba Zombie ini berbahaya, bisa jadi lebih berbahaya dibanding Narkoba jenis lain," kata Gus Imin, Rabu (31/5/2023). 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta Polri mengintensifkan kerjasama dengan kementerian dan lembaga lain demi memastikan Indonesia aman dari peredaran Narkoba Zombie.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Komjen Pol Fadil Imran Dipanggil DPR karena Penembakan Habib Bahar bin Smith?

Menurutnya kerja sama lintas sektor akan berdampak lebih baik dalam mencegah masuknya Narkoba yang memiliki nama lain Flakka dan berasal dari obat tranq atau dikenal dengan zylazine.

“Harus ada kerja sama lintas instansi sehingga Indonesia bisa menutup rapat masuknya narkoba yang sangat membahayakan ini. DPR juga akan turut mengawal untuk memastikan pencegahan peredaran narkoba dapat berjalan optimal,” tegasnya.

Secara khusus Gus Imin menyoroti jalur masuknya narkoba ke Indonesia. Ia mengatakan, pihak berwenang harus melakukan pengawasan ketat di setiap pintu masuk yang berada di wilayah Indonesia, termasuk dari jalur laut.

“Sebagai negara maritim, Indonesia punya banyak jalur masuk. Saya tegaskan, tutup akses jalur-jalur tikus sehingga kita tidak kecolongan. Tentunya ini memerlukan kerja bersama,” tuturnya.

Sebelumnya santer diberitakan kondisi Kota Philadelphia di negara bagian Pennysylvania, AS, cukup mengkhawatirkan akibat maraknya pengguna narkoba Flakka yang berasal dari obat tranq atau dikenal dengan zylazine.

Baca Juga: 4 Anggota Satpol PP di Ketapang Ditangkap Polisi Terkait Kasus Narkoba

Para pecandu narkoba tampak berkeliaran di salah satu kawasan di Philadelphia yang dikenal sebagai pasar bebas narkotika. 

Banyak di antara mereka mencampur obat ini dengan heroin, fentanil, dan ekstasi yang berujung efek serius sehingga Pemerintah AS telah menetapkan kombinasi Narkoba tersebut sebagai ancaman baru karena kasus overdosis dan kematian di penjuru AS terus mengalami peningkatan.

Dari video yang viral di media sosial, pecandu Narkoba Flakka di Philadelphia tampak berkumpul dalam kondisi yang mengenaskan di pinggir jalan. Mereka terlihat seperti zombie karena banyak yang melamun, berjalan tanpa arah dengan tatapan kosong, bahkan sampai ada yang pingsan.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI