Kabar Baik, Vaksin Corona Disebut Tersedia Oktober Tahun Ini

Di seluruh dunia hingga kini setidaknya ada lebih dari 120 kandidat vaksin sejak kemunculan dan evolusi virus.

Bimo Aria Fundrika Suara.Com
Selasa, 02 Juni 2020 | 19:05 WIB
Kabar Baik, Vaksin Corona Disebut Tersedia Oktober Tahun Ini
Kabar Baik, Vaksin Corona Disebut Tersedia Oktober Tahun Ini. (ANTARA/Shutterstock/am.)

Suara.com - Kabar Baik, Vaksin Corona Disebut Tersedia Oktober Tahun Ini

Di saat para ilmuwan dan peneliti tengah mencari vaksin yang paling efektif untuk mengobati virus corona, sebuah perusahaan farmasi global mengklaim vaksin COVID-19 yang efektif akan tersedia pada Oktober tahun ini.

Pfizer, bekerja sama dengan perusahaan mRNA Jerman, BioNTech, telah memulai uji klinis untuk program vaksin BNT162 di AS dan Eropa untuk mencegah dampak virus semaksimal mungkin.

"Jika semuanya berjalan dengan baik dan bintang-bintang selaras, kita akan memiliki cukup bukti keamanan dan kemanjuran bagi kita untuk merasa nyaman, agar FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) merasa nyaman, dan bagi EMA (Badan Obat-obatan Eropa) untuk merasa nyaman, memiliki vaksin sekitar akhir Oktober, ”kata CEO Pfizer Albert Bourla, seperti dilansir dari Medical Daily.

Ilustrasi vaksin Covid-19. [Shutterstock]
Kabar Baik, Vaksin Corona Disebut Tersedia Oktober Tahun Ini. [Shutterstock]

Program pengembangan vaksin yang dikolaborasikan mencakup empat kandidat vaksin, masing-masing mewakili kombinasi beragam pola mRNA dan antigen target.

Format tersebut kemungkinan akan membantu mendeteksi kandidat vaksin yang paling aman dan paling efektif untuk digunakan.

“Dengan program studi klinis kami yang unik dan kuat, dimulai di Eropa dan sekarang AS, kami berharap dapat maju dengan cepat dan bersama-sama dengan mitra kami di BioNTech dan otoritas pengatur untuk membawa vaksin yang aman dan manjur kepada pasien yang paling membutuhkan, ”kata Bourla dalam sebuah pernyataan sebelumnya di bulan Mei.

Pfizer menambahkan bahwa luasnya prakarsa ini diharapkan mengarah pada produksi jutaan dosis vaksin pada tahun 2020, yang hanya akan meningkat menjadi ratusan juta pada tahun 2021.

Di seluruh dunia hingga kini setidaknya ada lebih dari 120 kandidat vaksin sejak kemunculan dan evolusi virus.

Kabar terbaru, setidaknya 10 kandidat vaksin sedang dalam evaluasi klinis, sementara 115 di antaranya dalam evaluasi pra-klinis.

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

HEALTH

TERKINI