Jamaah Haji Aceh Bergerak ke Mekkah, Sudah Ibadah Arbain Hingga Ziarah Makam Rasulullah

Jamaah haji itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) satu. Jamaah mulai bergerak sekitar pukul 08.00 WAS.

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:13 WIB
Jamaah Haji Aceh Bergerak ke Mekkah, Sudah Ibadah Arbain Hingga Ziarah Makam Rasulullah
Jamaah haji Aceh mulai berherak ke Mekkah dari Madinah. (Antara)

Suara.com - Jamaah haji Aceh mulai berherak ke Mekkah dari Madinah. Sebelumnya di Madinah mereka sudah melakukan ibadah arbain hingga ziarah makam Rasulullah.

Jamaah haji itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) satu. Jamaah mulai bergerak sekitar pukul 08.00 WAS.

Semua jamaah sebelum Shalat Subuh sudah melakukan mandi sunat ihram dan mengenakan pakaian ihram.

Para jamaah akan menempuh perjalanan enam hingga tujuh jam ke Mekkah untuk melaksanakan umrah wajib sebagai rangkaian pelaksanaan ibadah haji.

"Semua barang bawaan jamaah seperti koper besar sudah diangkut tadi malam. Jamaah keluar hotel untuk shalat subuh sudah memakai pakaian ihram, dan setelah shalat tidak lagi kembali ke hotel tapi bersiap-siap naik bus," kata Koordinator Humas dan Penerangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh Tajri bin Yakub.

Para jamaah nanti akan melaksanakan umrah wajib dengan mengambil miqat di Zulhulaifah atau biasa disebut dengan nama Bir Ali.

"Di Bir Ali, jamaah shalat sunat tahyat masjid, sunat ihram dan sunat dhuha masing-masing dua rakaat, kemudian dilanjutkan dengan ihram atau niat umrah dilakukan di dalam bus, dipandu oleh para Karom (kepala rombongan) masing-masing," katanya.

Jamaah dari kloter satu berjumlah 392 orang.

Hanya 391 orang yang berangkat ke Mekkah, sedangkan seorang jamaah bernama Abdul Manaf belum bisa berangkat, karena sakit dan harus dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Sebelumnya, PPIH Embarkasi Aceh memberangkatkan 393 jamaah yang tergabung dalam kloter satu pada Rabu (15/6) dini hari. Satu anggota jamaah asal Pidie Jaya meninggal dunia menjelang mendarat di bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah. (Antara)

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI