Layanan Bus Shalawat Disetop Sementara Jelang Puncak Haji

Layanan Bus Shalawat yang mengangkut jemaah haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi, Senin (27/6/2022), mulai disetop sementara.

Selasa, 28 Juni 2022 | 07:18 WIB
Layanan Bus Shalawat Disetop Sementara Jelang Puncak Haji
Layanan Bus Shalawat Disetop Sementara Jelang Puncak Haji - Bus Shalawat yang digunakan untuk mengantar jemaah haji dari Indonesia di Makkah [dok. Kemenag]

Suara.com - Layanan Bus Shalawat yang mengangkut jemaah haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi, Senin (27/6/2022), mulai disetop sementara. Penghentian terkait persiapan puncak haji di masa Masyair.

Kepala Seksi Transportasi PPIH Asep Subhana mengatakan penghentian sementara ini dilakukan mengingat seluruh jemaah haji 2022 sudah datang ke Kota Makkah.

"Pemerintah Arab Saudi mempersiapkan terkait dengan masa Masyair atau Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina)," ujar Asep Subhana saat ditemui tim Media Center Haji (MCH), Senin (27/6/2022).

Naqobah--perusahaan angkutan milik Arab Saudi--menarik seluruh bus di Kota Makkah dan ditempatkan di pool Muzdalifah. Tujuannya untuk persiapan angkutan masyair mulai 7 Dzulhijjah untuk Tarwiyah-nya dan 8 Dzulhijjah untuk Armuzna.

Selain itu, untuk mencegah penumpukan jemaah di halte dan terminal, petugas membuat pengumuman dan imbauan. Pengumuman sudah ditempel di sebagian armada bus.

"Nah, dengan penghentian sementara, jemaah diharapkan menjaga kondisi kesehatan untuk persiapan puncak haji. Jemaah disarankan menunaikan salat 5 waktu di masjid sekitar hotel atau musala yang disediakan pihak hotel," ujar Asep.

Meski demikian, Bus Shalawat tetap melayani jamaah yang datang pada 5 Dzulhijjah. Bus tetap disiapkan bagi jemaah yang menunaikan umrah perdana dan umrah qudum.

"Kami siapkan khusus jamaah yang datang pada tanggal 5 Dzulhijjah, yang datang dari Jeddah," tutur Asep Subhana.

Adapun penyetopan sementara rencananya dimulai 5 Dzulhijjah sampai 13 Dzulhijjah. "Insya Allah tanggal 14 kalau memang pemerintah Arab Saudi mengizinkan beroperasi, kita operasikan kembali di 14 Dzulhijjah tersebut," kata Asep.

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI