Keutamaan Hari Arafah yang Jatuh pada 9 Dzulhijjah

Salah satu keutaman hari Arafah itu adalah Allah akan mengampuni dosa-dosa orang berpuasa pada hari tersebut.

Rifan Aditya Suara.Com
Selasa, 28 Juni 2022 | 12:52 WIB
Keutamaan Hari Arafah yang Jatuh pada 9 Dzulhijjah
Keutamaan Hari Arafah yang Jatuh pada 9 Dzulhijjah - Ilustrasi Al-Quran, Al Quran, Alquran (pixabay.com)

Suara.com - Hari Arafah yang jatuh tanggal 9 Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutaman hari Arafah itu adalah Allah akan mengampuni dosa-dosa orang berpuasa pada hari tersebut.

Hal ini akan kita bahas lebih mendetail di bawah in. Lalu apa saja  hal-hal yang merupakan keutamaan hari Arafah

1. Hari pengampunan dosa selama dua tahun sebelumnya

Keutamaan hari Arafah yang pertama dikutip dari muslim.or.id adalah barang siapa yang melaksanakan puasa di hari  Arafah, dosanya yang selama dua tahun sebelumnya akan diampuni.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu” (HR. Muslim no. 1162).

2. Hari pembebasan dari siksa neraka

Keutamaan hari arafah yang lain ialah Allah mengampuni dosa dan memberikan pembebasan dari siksa neraka. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arofah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim no. 1348).

3. Hari Arafah juga merupakan hari disempurnakannya agama

Keutamaan hari Arafah yang memukau ialah menjadi lambang atau hari di mana agama Islam disempurnakan. Hal itu disebutkan dalam HR. Bukhari no. 45 dan Muslim no. 3017.

Hadist tersebut berbunyi, "Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” 

Hari yang dimaksud itu adalah hari di mana Nabi berada di Arafah. Bunyi kelanjutan ayat di atas adalah sebagai berikut:“Kami telah mengetahui hal itu yaitu hari dan tempat di mana ayat tersebut diturunkan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau berdiri di ‘Arofah pada hari Jum’at.” 

4. Acara puncak bagi umat Islam melaksanakan haji di Mekah

Diutip dari nationaltoday.com, Hari Arafah (atau Arafat) adalah hari kesembilan bulan lunar Islam — 9 Juli tahun ini. Jatuh pada bulan kedua belas dalam kalender Islam, Dhul- Hijjah dan juga pada hari kedua haji. Umat Islam memandang ini sebagai hari terbaik dalam setahun.

Hari itu adalah acara puncak haji di Mekah, Arab Saudi yang berkumpul di dataran gunung Arafah untuk berdoa, dan memohon pengampunan. Haji dalah rukun Islam yang kelima, sehingga Hari Arafah merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam.

Hari Arafah dikenal sebagai hari di mana jutaan dosa umat Islam diampuni oleh Allah. Hari Arafah juga penting karena pada hari itulah sebuah ayat penting al-Qur'an, Surah al Maa'idah 5:3, diturunkan. 

Demikian itu beberapa keutamaan hari Arafah. Semoga dapat meningkatkan ibadah puasa Anda di hari Arafah. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI