Kata Petugas Arab Soal Jemaah Haji Indonesia: Tertib, Sopan dan Beradab

"Semoga Allah SWT menerima hajinya (jemaah Indonesia) dan semuanya menjadi haji yang mabrur dan memperoleh kebaikan dan rahmat Allah," doa petugas Arab.

Sabtu, 02 Juli 2022 | 16:28 WIB
Kata Petugas Arab Soal Jemaah Haji Indonesia: Tertib, Sopan dan Beradab
Menurut Ibrahim (kiri) dan Umar (kanan), petugas Al Wukala di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah. [Dok. MCH 2022]

Suara.com - Jemaah calon haji 2022 asal Indonesia mendapatkan tempat tersendiri di hati petugas Al Wukala di Arab Saudi. Menurut mereka, jemaah haji Indonesia paling tertib.

Tanggapan tersebut disampaikan Ibrahim dan Umar, dua petugas Al Wukala yang ditugaskan di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, untuk menyambut jemaah haji.

Ibrahim dan Umar mengapresiasi sikap dan perilaku para jemaah asal Indonesia. Mereka mengatakan jemaah Indonesia sopan dan paling tertib.

"Jemaah Indonesia itu orangnya lebih beradab, sopan santun, rajin beribadah dan tertib," ujar Ibrahim ditemui tim Media Center Haji (MCH) dibantu penerjemah, Jumat (1/7/2022).

Selama ini, menurut Ibrahim dan Umar, pihaknya tidak ada masalah dengan para jemaah asal Indonesia. Proses imigrasi mereka, ujar Ibrahim, lancar.

"Tidak ada masalah, semua proses imigrasi lancar, semua cepat," ujar Umar.

Selain itu, imbuh mereka, jemaah haji asal Indonesia sudah memahami peraturan yang diterapkan di bandara. Alhasil, ketika keluar dari imigrasi hingga bus, mereka tertib dan tidak perlu banyak diatur.

"Jemaah Indonesia tidak perlu banyak diatur. Mereka sudah tertib, sopan santun, kemudian bisa memahami aturan di sini dari sejak keluar imigrasi sampai masuk bus," kata Ibrahim.

Ibrahim dan Umar pun mendoakan agar jemaah haji asal Indonesia selalu mendapatkan rida Allah SWT dan menjadi haji yang mabrur.

"Semoga Allah SWT menerima hajinya (jemaah Indonesia) dan semuanya menjadi haji yang mabrur dan memperoleh kebaikan dan rahmat Allah," tutup mereka.

Sekadar informasi, Al Wukala merupakan perusahaan pelayanan haji yang ditugaskan untuk menyambut para jemaah haji di bandara.

90.195 Jemaah Haji Tiba di Tanah Suci

Sebanyak 90.195 jemaah calon haji Indonesia telah tiba di Tanah Suci. Angka tersebut berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu hingga Sabtu (2/7/2022).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 45.097 jemaah dari 114 kloter mendarat melalui Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz (AMMA), Madinah, Arab Saudi.

Sementara, sebanyak 45.098 dari 117 kloter mendarat melalui Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA), Jeddah. Hingga closing date, kedatangan jemaah hanya terpusat di Bandara Jeddah.

Selain itu, hingga Sabtu 2 Juli 2022, ada 19 jemaah calon haji Indonesia yang meninggal di Tanah Suci. Sedangkan, hingga kiwari, sebanyak 118 jemaah Indonesia dirawat.

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI