Terungkap, Ini Tulisan dan Ayat Al Quran di Kiswah Penutup Ka'bah

Apakah kutipan ayat yang tertera di Kiswah bisa diganti dengan ayat lainnya?

Kamis, 28 Juli 2022 | 20:16 WIB
Terungkap, Ini Tulisan dan Ayat Al Quran di Kiswah Penutup Ka'bah
Kiswah Ka'bah. [Dok MCH 2022]

Suara.com - Siapa nyana, di kiswah alias kain penutup Ka'bah ternyata tertera tulisan beberapa ayat Al Quran dan Asmaul Husna. Bentuk khatnya pun berbeda-beda: ada yang kotak, panjang dan lainnya.

"Khat yang digunakan adalah Tsulutsi,  dengan besaran yang beda-beda, ada yang kecil dan besar," ujar salah satu penulis kaligrafi di penulis kaligrafi Majma' Malik Abdul Aziz, Syekh Mukhtar Alam, Rabu (27/7/2022).

"Di bagian atas, ada tulisan Allahu Rabbi, Hasbiyallah, dan Allahu Rabbi."

Pada bagian lain, tertera tulisan ayat Qad naraa taqalluba wajhika fis-samaa'. Sementara pada bagian pinggir, ada tulisan surat Al Fatihah.

"Kiswah pintu Ka'bah yang tersimpan di Majma' Malik Abdul Aziz dibuat di Makkah, hadiah dari Malik Fahd bin Abdul Aziz pada tahun 1411 H," paparnya.

Apakah kutipan ayat yang tertera di Kiswah bisa diganti dengan ayat lainnya?

Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafy menjelaskan bahwa kalau ingin mengganti tulisan ayat, harus persetujuan Raja.

Selain itu, usulan penggantian juga harus dibahas di forum yang lebih tinggi untuk mendapat persetujuan. Namun, Faris mengaku selama ini belum pernah terjadi.

Sementara ketika ditanya kenapa yang digunakan adalah khat Tsulutsi?

Syekh Mukhtar menjelaskan bahwa Tsulutsi adalah jenis khat (font) yang paling tua, sejak abad 3 H. Khat Tsulutsi juga paling bagus dan rumit.

"Khat ini membantu para penulis untuk berkreasi lebih bebas, bisa menyesuaikan dengan tempat, bisa lebih besar atau kecil," jelasnya dalam Bahasa Arab yang diterjemahkan Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Syekh Mukhtar menambahkan bahwa Kiswah Kabah dibuat hingga selesai dalam rentang waktu 8 - 10 bulan.

Sebelumnya Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief berkunjung ke Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah, Makkah, Arab Saudi, Rabu (27/7/2022).

Hadir juga, Mudir 'Aam atau Dirjen Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Faishal Al-Madany, serta Dirjen Kehumasan dan Media Ahmad Al-Suheiry.

Ikut mendampingi Dirjen PHU, Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam dan Kadaker Makkah M Khanif.

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI