Cerita di Balik Raudhah dan Makam Nabi Muhammad SAW

Raudhah dan Makam Nabi Muhammad SAW yang terletak di area Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, tak luput dari kunjungan jemaah haji maupun umrah.

Senin, 01 Agustus 2022 | 09:40 WIB
Cerita di Balik Raudhah dan Makam Nabi Muhammad SAW
Raudhah dan Makam Nabi Muhammad SAW (Dok. MCH 2022)

Suara.com - Raudhah dan Makam Nabi Muhammad SAW yang terletak di area Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, tak luput dari kunjungan jemaah haji maupun umrah. Saban hari, tempat tersebut ramai dikunjungi peziarah.

Selain salat Arba'in di Masjid Nabawi, para jemaah haji tentunya tak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk berkunjung ke Raudhah dan makam Rasulullah. Ini meski diberlakukan tasreh mulai tahun ini.

Kekinian, untuk memasuki tempat itu, para jemaah haji memang memerlukan tasreh yang dikoordinasikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji. Peraturan surat izin itu baru diberlakukan pada musim ibadah haji 2022.

Raudhah dari segi bahasa berarti taman, dalam salah satu hadistnya, Rasulullah bersabda, "antara rumahku dan mimbarku adalah taman dari taman-taman surga.”

Luas Raudhah hanya 22 meter x 15 meter atau 330 meter persegi. Lokasi ini ditandai dengan karpet berwarna hijau untuk membedakan dengan warna karpet selain raudhah di Masjid Nabawi yang berwarna merah.

Untuk masuk ke Raudhah, jemaah kudu sabar. Mereka mesti mengantre. Bahkan, di saat-saat tertentu, jemaah bisa mengular hingga 1 jam. Bukan cuma itu, karena luasnya terbatas jemaah tidak bisa berlama lama di sana.

Biasanya, polisi Arab Saudi yang bertugas mengatur alur jemaah di sana hanya memberikan waktu untuk sekadar salat sunnah dan berdoa. Jika terlalu lama, jemaah akan ditegur bahkan diminta untuk keluar.

Setelah itu, gelombang baru jemaah lain di antrean berikutnya pun masuk. Nah, jika sudah di dalam kemudian masuk waktu salat, jemaah bisa lebih lama berada di Raudhah.

Sebab, ketika masuk waktu salat, akses ke Raudhah biasanya ditutup. Alhasil, jemaah yang berada di dalam bisa bisa berlama-lama, setidaknya sampai salat rampung.

"Di Masjid Nabawi dan umumnya masjid di Arab Saudi, jeda waktu dari azan sampai dengan qomat lumayan lama sekitar 10-15 menit. Hingga salat selesai dilaksanakan setidaknya keberadaan kita di Raudhah tidak di usik oleh petugas," demikian dikutip dari tulisan Kepala Kantor Urusan Haji Nasrullah Jasam.

Setelah berdoa di Raudhah, jemaah haji biasanya melanjutkan untuk berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW. Kemudian, ziarah dilanjutkan ke makam Khalidah Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar bin Khattab.

Kemudian, jemaah biasanya melanjutkan ziarah menuju komplek pemakaman Baqi. Para sahabat lain Rasulullah dikebumikan di makam yang terletak di 500 meter sebelah Barat Daya Masjid Nabawi tersebut.

Di lokasi tersebut, dimakamkan jenazah sahabat dan sejumlah keluarga Rasulullah. Sebut saja, As'ad bin Zararah, Utsman bin Mazoun, Abdurrahman bin Auf, dan Sa'ad bin Abi Waqqas. Sedangkan dari keluarga Rasulullah di antaranya Aisyah, Fatimah az-Zahra, Ruqayyah, Zainab, dan Ummi Kultsum.

"Dalam suatu riwayat disebutkan, sesungguhnya sayyidah ‘Aisyah berkeinginan untuk dimakamkan didekat Rasulullah SAW. Namun, ternyata sahabat Umar bin Khattab memiliki keinginan yang sama. Saat sakit yang menyebabkan kematiannya, beliau mengutus putranya Abdullah bin Umar untuk menyampaikan pesan kepada sayyidah ‘Aisyah agar ia bisa dimakamkan di samping makam Rasulullah SAW. dan makam Abu Bakar," tulis Nasrullah Jasam.

Sayyidah ‘Aisyah pun menjawab: “sesungguhnya saya ingin di makamkan disamping makam rasulullah SAW. dan makam ayahku, tetapi aku mengutamakan Umar daripada diriku”.

Ketika Abdullah bin Umar mengabarkan berita gembira tersebut kepada ayahnya, Umar pun berkata: “segala puji bagi Allah, tidak ada sesuatu yang lebih penting bagiku dari kabar gembira ini”.

"Seperti itulah kecintaan sahabat Umar bin Khattab kepada Rasulullah SAW. Setelah meninggal pun, beliau enggan jauh-jauh dari Rasulullah SAW," tulis Nasrullah.

Raudhah dan makam Rasulullah SAW dikenal sebagai tempat yang mustajab. Di salah satu, tiang menuju makam Rasulullah SAW, tertulis bait syair dari seorang Arab badui, syair tersebut berbunyi: "Wahai orang yang tulang belulangnya dikubur di tanah datar. Berkat keharumannya, tanah rata dan bukit semerbak mewangi. Diriku jadi tebusan untuk kuburan yang engkau tinggal di dalamnya. Di dalam kuburmu terdapat sifat bersih dan kedemawanan

Sya’ir ini didendangkan ketika ia berziarah ke makam Rasulullah SAW “menagih” janji Allah SWT. yang terdapat dalam surat An Nisâ ayat 64: “...Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”.

Setelah membaca surat ini, dia berkata: “aku datang kepadamu untuk meminta ampun terhadap dosaku dengan meminta syafa’at kepadamu agar Allah mengampuni dosa-dosaku.” Setelah itu, dia mendendangkan syair di atas.

"Syekh Abu Manshur as Shabâg yang meriwayatkan kisah ini kemudian tertidur dalam mimpinya. Dia bertemu dengan Rasulullah SAW berkata: “temuilah badui – yang berdo’a tadi -dan sampaikan sesungguhnya Allah swt. telah mengampuninya”," tulis Nasrullah.

Tentunya, masih banyak lagi keutamaan Raudhah dan Makam Rasulullah SAW. Karena itu, tidak aneh jika jemaah haji maupun umrah rela berdesakan untuk masuk ke Raudhah dan berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW

Setiap kali berziarah, selalu terdengar bacaan selawat dengan langgam dari berbagai negara. Ada yang melambai-lambaikan tangannya sambil mengucapkan salam kepada Rasulullah SAW.

"Rasanya begitu dekat hati mereka dengan Rasulullah SAW seolah beliau ada di hadapan mereka menyambut sambil tersenyum. Kecintaan yang luar biasa terhadap sosok Rasulullah SAW membuat mereka tidak lagi memperdulikan betapa besar usaha dan tenaga yang dikeluarkan," tulis Nasrullah Jasam.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI