Acungi Jempol! Apresiasi Arab Saudi untuk Petugas Haji Indonesia

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas haji Indonesia di bawah bimbingan Menteri Agama dan semua tim yang ada di sini," kata Bijawi.

Senin, 08 Agustus 2022 | 17:32 WIB
Acungi Jempol! Apresiasi Arab Saudi untuk Petugas Haji Indonesia
Wakil Menteri Haji dan Umrah Bidang Ziarah atau Kunjungan, Abdurrahman Al Bijawi saat menerima kunjungan Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam di Madinah, Arab Saudi, Minggu (7/8/2022). [Dok. MCH 2022]

Suara.com - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memberikan apresiasi kepada seluruh petugas haji Indonesia. Dedikasi para petugas menuai pujian dalam melayani jemaah selama menjalankan ibadah haji 2022.

Hal ini dikatakan Wakil Menteri Haji dan Umrah Bidang Ziarah atau Kunjungan, Abdurrahman Al Bijawi saat menerima kunjungan Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam di Madinah, Arab Saudi.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas haji Indonesia di bawah bimbingan Menteri Agama dan semua tim yang ada di sini. Semua sudah saling bahu membahu, sehingga memberikan yang terbaik bagi jemaah haji,” kata Bijawi, Minggu (7/8/2022).

Bijawi pun merasa bersyukur jemaah bisa beribadah dengan aman dan nyaman. Pihaknya akan terus berupaya memberikan layanan terbaik di bawa bimbingan Raja Salman.

“Kami bersyukur, tahun ini jemaah bisa beribadah dengan aman dan tenang. Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah di bawah bimbingan Raja Salman,” ucap Bijawi.

Bijawi menjelaskan, pemerintah Arab Saudi telah berusaha secara maksimal dalam memberikan layanan kepada jemaah dari seluruh dunia, tak terkecuali dari Indonesia, setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19.

Saat ini, lanjut Bijawi, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi akan segera melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama RI guna mempersiapkan pelaksanaan haji tahun 2023.

“Saat ini, kami sudah mulai berkoordinasi, mempersiapkan haji tahun depan. Kementerian Haji dan Umrah bersama Kementerian Agama akan segera bertemu guna membahas dan melakukan persiapan haji tahun 1444 H,” tukasnya.

Nasrullah Jasam menambahkan, apresiasi juga diberikan kepada petugas haji Indonesia karena Pemerintah Saudi melihat tahun ini jumlah keluhan dari jemaah jauh berkurang.

“Beliau mengapresiasi pelaksanaan haji tahun ini karena sukses. Kemudian keluhan dan komplain, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, jauh lebih sedikit,” kata Alumni Al Azhar Kairo ini.

Selain itu, alumni Ponpes Assidiqiyyah Jakarta ini menjelaskan, dalam pertemuan tersebut, Al-Bijawi mempromosikan sejumlah tempat yang bisa diziarahi jemaah Indonesia. Sebab, Madinah termasuk surganya tempat-tempat yang layak diziarahi.

“Madinah ini surganya tempat tempat bersejarah. Mereka sudah membuat selebaran,mereka ada 44 tempat bersejarah yang tercatat dan masih banyak lagi,” kata Nasrullah.

“Ke depan, tempat-temapat ziarah akan dikembangkan agar lebih edukatif, mengandung unsur-unsur keilmuan. Karena memang sejarahnya, para ulama kita ke sini ada yang lanjut belajar,” pungkas Nasrullah.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI