MCU di KKHI Madinah, Ini Tren Penyakit Jemaah Haji

MCU ini sebagai upaya pemerintah, melalui Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan mengawal kesehatan jamaah haji selama di Arab Saudi sampai tiba di Tanah Air.

Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:12 WIB
MCU di KKHI Madinah, Ini Tren Penyakit Jemaah Haji
Medical Chek Up (MCU) di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah [Dok. MCH 2022]

Suara.com - Medical Check Up (MCU) menjadi layanan kesehatan unggulan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Secara umum, MCU ini dilakukan untuk mendeteksi penyakit-penyakit yang ada pada jemaah haji khususnya jamaah yang dinilai memiliki risiko tinggi (risti).

"MCU merupakan layanan unggulan di KKHI Madinah. Dengan MCU ini dapat melakukan tindak lanjut berupa intervensi baik tindakan maupun pengobatan," kata koordinator dr Farida Muhammad, dalam siaran pers yang diterima Suara.com, Selasa (9/8).

Farida mengatakan, MCU ini sebagai upaya pemerintah, melalui Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan mengawal kesehatan jamaah haji selama di Arab Saudi sampai tiba di Tanah Air.

"Tujuan akhirnya MCU ini dilakukan agar jamaah haji bisa sehat sampai ke Tanah Air," katanya.

Farida mengatakan, saat ini sebanyak 32 jamaah haji dari tujuh embarkasi mengikuti pelayanan kesehatan Medical Check Up (MCU) di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), Selasa (9/8) pagi waktu setempat. Hari ini merupakan MCU terakhir yang dilakukan tim kesehatan KKHI kepada jamaah haji gelombang dua sebelum pulang ke Tanah Air.

"Ada 32 jamaah dari tujuh embarkasi yang mengikuti program MCU," katanya.

Farida menuturkan, pemeriksaan MCU hari ini di antaranya pemeriksaan rekam jantung (EKG), gula darah sewaktu (GDS) Echocardiografi, dan konsultasi ahli penyakit dalam (Internist). Pemeriksaan penyakit dalam mulai dari Paru, Jantung, dan Rehab medik, Psikiatri, Neuro, Bedah dan THT.

"Pemeriksaan MCU dilakukan oleh sembilan dokter spesialis, tiga dokter umum dan dibantu tiga perawat," katanya.

Tren penyakit yang banyak dialami oleh jamaah haji ini di antaranya hipertensi, diabetes melitus (DM), jantung kongestif dan infeksi saluran napas atas (ISPA).

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI