Peringatan! Travel Umrah Tak Kantongi Izin Bisa Dipidana

Travel umrah yang tidak memiliki izin bisa dipidana.

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 08:47 WIB
Peringatan! Travel Umrah Tak Kantongi Izin Bisa Dipidana
Pertemuan KUH KJRI Jeddah dengan syarikah Arab Saudi (Dok KJRI Jeddah)

Suara.com - Kantor Urusan Haji (KUH) memberikan peringatan kepada para penyelenggara umrah dan haji di Arab Saudi untuk memeriksa status Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Pasalnya, travel umrah yang tidak memiliki izin bisa dipidana.

Hal ini disampaikan oleh Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam saat menggelar pertemuan dengan sembilan syarikah atau muassasah penyelenggara umrah yang cukup besar di Arab Saudi pada Kamis (18/8/2022).

"Travel yang tidak berizin memberangkatkan jemaah adalah tindakan kriminal yang bisa dikenakan hukuman penjara," ujar Nasrullah dalam siaran pers yang diterima Suara.com, Jumat (19/8/2022).

Oleh karenanya, Nasrullah meminta kepada para syarikah untuk memeriksa kembali legalitas perizinan travel perjalanan yang akan diajak untuk bekerjasama.

Dalam kesempatan tersebut, Nasrullah juga meminta agar rencana pemerintah memberlakukan sistem bussines to consumer (B to C) dalam penyelenggaraan umrah dibatalkan. Sebab dengan skema tersebut, tidak ada pihak yang bertanggungjawab jika terjadi masalah menimpa jemaah selama berada di Arab Saudi.

"Skema B to C tidak sejalan dengan regulasi di Indonesia yang mewajibkan pemberangkatan jemaah umrah melalui PPIU berizin," paparnya.

Tak hanya izin, PPIU juga memiliki standar layanan minimal dalam memberangkatkan jemaah umrah yang meliputi:

1. Pelayanan kesehatan dan pengurusan jemaah yang sakit dan wafat

2. Konsumsi jemaah sebanyak 3 kali sehari

3. Menyediakan transportasi pesawat maksimal satu kali transit

4. Kesesuaian paket layanan dengan perjanjian tertulis dengan jemaah

5. Hotel di Makkah maksimal berjaran 1 kilometer dari Masjidil Haram dan maksimal berjarak 700 meter dari Masjid Nabawi. Jika lebih dari aturan tersebut, PPIU harus menyediakan bus shuttle untuk jemaah.

6. Satu kamar diisi oleh maksimal empat orang.

7. Petugas syarikah ikut menjemput dan memberangkatkan jemaah di bandara, termasuk mengurus tasrih jemaah agar bisa masuk Raudah Masjid Nabawi.

Sementara itu, Kasubdit Pengawasan Umrah dan Haji Khusus, Noer Aliya Fitra menjelaskan, para jemaah sudah dibekali dengan kartu identitas yang dicetak setiap PPIU. Pihak syarikah harus memeriksa ulang dan memastikan setiap jemaah memiliki kartu tersebut.

Terkait jemaah yang sakit, jemaah umrah sudah harus membayar jaminan kesehatan dan kematiaan saat meminta visa umrah. Sehingga saat prosesi umrah ada jemaah yang sakit dapat dirawat di rumah sakit pemerintah.

Selama proses pengobatan, syarikah juga harus mengawal jemaah jika ada risiko biaya tambahan.

"Kami mohon untuk jemaah wafat dipermudah saat mengurus klaim asuransi kematian yang bersangkutan," ujarnya.

Poin-poin permintaah dari Kantor Urusan Haji Indonesia tersebut disanggupi oleh para syarikah. Mereka berkomitmen untuk menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah Indonesia.

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI