Calon Haji Termuda Siap Bantu Calon Haji Tertua Asal Kota Parepare

Nenek berusia 102 tahun asal Kota Parepare, Sulawesi Selatan, menjadi salah satu calon jemaah haji

Muhammad Yunus
Sabtu, 27 Mei 2023 | 12:02 WIB
Calon Haji Termuda Siap Bantu Calon Haji Tertua Asal Kota Parepare
I Muma, nenek berusia 102 tahun asal Kota Parepare, Sulawesi Selatan menjadi salah satu calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci [SuaraSulsel.id/Istimewa]

SuaraSulsel.id - I Muma, nenek berusia 102 tahun asal Kota Parepare, Sulawesi Selatan menjadi salah satu calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci. Telah tiba di Asrama Haji Sudiang Kota Makassar, Kamis (25/5/2023).

Nenek asal Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, meski sudah lanjut usia, namun I Muma siap menunaikan rukun Islam yang kelima seorang diri tanpa pendamping.

I Muma lahir pada 31 Desember 1922 menjadikan berbagai pihak bertanya-tanya apa resepnya tetap sehat dan bugar.

Cucunya, Bustam, mengatakan nenek I Muma tidak sembarangan makan.

"Beliau juga tidak makan yang ada campuran vetsin, bisa dibilang ia juga tidak makan daging misalnya daging sapi, kambing, ayam tapi sesering mungkin makan sayur-sayuran, apalagi makan-makanan siap saji, tidak pernah," jelas Bustam.

Mendengar penjelasan Bustam, I Muma juga tidak pernah masuk Rumah Sakit (RS) diopname.

Imuma berangkat haji setelah menunggu selama sekira 6 tahun. Dan kuota lansia yang ditetapkan pemerintah di tahun ini mengantar Nenek Muma bisa menunaikan ibadah rukun Islam kelima di Tanah Suci.

Selain I Muma, terdapat juga JCH termuda yang berusia 22 tahun atas nama Kiki Resky Amanda, ia menggantikan Bapaknya. Karena telah meninggal pada tanggal 27 Desember 2022 atas nama Hasan Ibrahim.

"Alhamdulillah bisa diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk berangkat ke Mekkah, hal ini saya sebagai pengganti dari Bapak dan semoga nilai ibadah haji ini tercurah kepada Bapak," ucap gadis dengan mata berkaca-kaca.

Keberangkatan Kiki, bersama rombongan kelompok terbang (kloter) 4 mempertemukan ia dengan I Muma yang kemudian dipanggil sebagai "Mama".

"Saya diharapkan oleh Bapak Kakan Kemenag Parepare agar kiranya sebagai yang masih muda turut membantu jemaah yang sudah tua-tua seperti Mama I Muma ini, dan Insya Allah saya siap semampu saya, mohon doanya semua agar kami diberkahi kekuatan dan kesehatan selama di tanah suci," ucap Kiki.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini