23 Tahun Menikah, Calon Haji Asal Kabupaten Bone Positif Hamil Jelang Terbang ke Tanah Suci

Calon haji tersebut akan diberangkatkan tahun depan dengan alasan medis

Muhammad Yunus
Kamis, 01 Juni 2023 | 09:52 WIB
23 Tahun Menikah, Calon Haji Asal Kabupaten Bone Positif Hamil Jelang Terbang ke Tanah Suci
Calon haji Kloter 11 asal Kabupaten Bone bernama Niswati Lide Onro Binti Lide batal berangkat ke Tanah Suci karena hamil [SuaraSulsel.id/Dokumentasi Kemenag Sulsel]

SuaraSulsel.id - Calon haji Kloter 11 asal Kabupaten Bone bernama Niswati Lide Onro Binti Lide batal berangkat ke Tanah Suci, disebabkan yang bersangkutan dinyatakan positif hamil. Setelah melalui proses pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

Menurut Kepala Kantor Kemenag Bone Abd. Hafid pembatalan keberangkatan wanita berusia 40 tahun tersebut, di satu sisi disyukuri oleh yang bersangkutan.

Sebab sejak menikah lebih 20 Tahun lalu memang belum pernah hamil, dan nanti jelang keberangkatannya baru diketahui yang bersangkutan sudah hamil selama 5 minggu.

“Dibalik pembatalannya ke Tanah Suci, ada berkah dan karunia baru yang didapatkan dari Allah SWT yang memang sudah lama ditunggu-tunggu kehadirannya, saya pesankan jaga kesehatan utamanya kesehatan janinnya. InsyaAllah ada berkah dan hikmah,” katanya.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, setelah seluruh jemaah Kloter 11 masuk Bandara Sultan Hasanuddin Makassar untuk diterbangkan pada pukul 20.45 Wita Ke Madinah, iring-iringan bus yang membawa jemaah haji Kloter 12 dari Kabupaten Luwu dan Gowa juga memasuki Asrama haji Sudiang.

Jemaah diterima resmi di Aula Arafah yang menjadi lokasi penerimaan jemaah calon haji oleh PPIH Embarkasi Makassar.

Kloter 12 berisi 388 orang jemaah haji ditambah 5 orang petugas Kloter dengan rincian Kabupaten Gowa 102 jemaah, dan Kabupaten Luwu 286 jemaah.

Seorang calon haji tertua bernama Mahasing bin Pandu berusia 100 tahun, sedangkan yang termuda bernama Suandi Idris usia 23 tahun asal Gowa.

Selama di Asrama Haji Sudiang Makassar, Jemaah Kloter 12 akan menjalani serangkaian kegiatan seperti bimbingan dan pemantapan manasik. Selanjutnya akan diberangkatkan menuju Madinah hari Kamis, 1 Juni 2023 pukul 20.45 Wita.

Anggota DPD Lepas Calon Haji

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) asal Sulawesi Selatan Lili Amelia Salurapa secara khusus datang ke Asrama Haji Sudiang Makassar guna menyaksikan proses pemberangkatan calon haji di Embarkasi Makassar.

Lili melepas secara resmi jemaah calon haji Kloter 11 asal Kabupaten Bone dan Barru, Rabu 31 Mei 2023.

Jemaah calon haji asal Bone dan Barru berjumlah 392 orang termasuk didalamnya 5 orang petugas haji Kloter, 14 Jemaah diantaranya menggunakan kursi roda. Salah satunya bernama Cabi Laja Lama asal Bone yang merupakan lansia berusia 100 tahun.

Dalam sambutannya, Senator perempuan asal Tana Toraja ini berpesan agar jemaah semaksimal mungkin menjaga kesehatan dan kondisi fisiknya selama berada di Tanah Suci, supaya pada waktunya mampu menjalani dengan tuntas ibadah haji dan kembali ke tanah air dengan selamat dan mabrur.

“Jaga nama baik daerah dan negara kita, jaga sikap dan tampilkan prilaku kesantunan warga Negara Indonesia selama berada di Arab Saudi," katanya.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini