Penting! Jangan Langsung Menyetir Usai Terima Vaksin Corona

Pasien juga tidak boleh mengemudi sendiri setelah menerima vaksin virus corona setidaknya selama 15 menit setelah suntik.

Farah Nabilla | Shevinna Putti Anggraeni
Jum'at, 27 November 2020 | 19:48 WIB
Penting! Jangan Langsung Menyetir Usai Terima Vaksin Corona
[ABC]

SuaraSumsel.id - Pasien virus corona sebaiknya tidak langsung mengemudi sampai 15 menit usai diberi vaksin. Panduan ini dibuat oleh British Medical Association (BMA) .

BMA telah merilis daftar prioritas yang akan mendapatkan vaksin virus corona Covid-19 pertama kali.

Karena, ketersediaan vaksin pertama di tahun 2020 ini mungkin akan terbatas. Artinya, sebagian besar orang akan menerima vaksinasi pada 2021 mendatang.

Sejauh ini, informasi yang beredar mengatakan setiap pasien akan membutuhkan dua dosis vaksin dengan rentang waktu 21 hingga 28 hari.

Tapi dilansir dari Express, pasien yang akan menjadi prioritas utama untuk mendapatkan vaksin antara lain:

Ilustrasi Vaksin. (Pixabay/PhotoLizM)
Ilustrasi Vaksin. (Pixabay/PhotoLizM)
  1. Orang yang berusia di atas 50 tahun 
  2. Orang yang berisiko tinggi
  3. Tenaga kesehatan yang bertugas menangani pasien Covid-19
  4. Semua pekerja yang bertugas di rumah isolasi mandiri

Kelompok prioritas ini akan menerima vaksin virus corona terlebih dahulu dari doker saat vaksin pertama kali tersedia. Beberapa pasien prioritas yang menjalani perawatan mandiri di rumah juga akan mendapatkannya melalui kunjungan ke rumah.

Kedepannya, dokter juga diharapkan bisa memberikan vaksin virus corona ini 7 hari seminggu. Sehingga vaksin virus corona yang diberikan pada pasien dalam masa simpan yang singkat.

Rencananya, vaksin virus corona ini akan dikirimkan ke pusat-pusat medis dalam keadaan dicairkan. Sehingga vaksinasi ini akan memiliki masa sampai 5 hari.

Kabar terbaru lainnya, pasien juga tidak boleh mengemudi sendiri setelah menerima vaksin virus corona setidaknya selama 15 menit setelah suntik.

Saat ini, vaksin masih melalui prosedur pengujian dan proses perizinan MRHA (obat-obatan dan badan pengawas produk kesehatan).

BMA menegaskan bahwa pemerintah Inggris akan bertanggung jawab atas segala implikasi merugikan dari vaksin virus corona yang akan diberikan pada pasien.

Adapun dua jenis vaksin virus corona yang kemungkinan akan dipasok di Inggris, yakni vaksin Pfizer dan vaksin Astra Zeneca.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Lifestyle

Terkini