Tegas! Satgas Covid-19 Minta Protokol Kesehatan Jangan Dijadikan Candaan

Doni Monardo menyoroti penambahan kasus positif harian yang hari ini mencapai 11 ribu lebih, tetapi publik menyikapinya dengan biasa saja.

Rabu, 13 Januari 2021 | 19:40 WIB
Tegas! Satgas Covid-19 Minta Protokol Kesehatan Jangan Dijadikan Candaan
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo. [Ist]

Suara.com - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Munardo mengingatkan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Doni menyoroti penambahan kasus positif harian yang hari ini mencapai 11 ribu lebih, tetapi publik menyikapinya dengan biasa saja.

"Hari ini kasus sudah lebih dari 11 ribu orang, yang meninggal sudah lebih dari 300 orang. Dulu bulan pertama, kedua, jangankan 100, kasus tambah 30 aja kita sudah ribut. Yang meninggal belasan saja, kita sudah ribut. Sekarang yang meninggal 300 orang, per hari reaksinya biasa saja sekarang," tutur Doni dalam webinar virtual 'Evaluasi Penerapan Protokol Kesehatan pada Lembaga Penyiaran', Rabu (13/1/2021).

"Apakah ini mau kita biarkan kasus ini 20 ribu, 30 ribu, 50 ribu? Seperti di Amerika setiap hari saja 200 ribu. Tidak bisa!" imbuhnya.

Doni menegaskan, protokol kesehatan harus diterapkan secaa disiplin dan benar. Ia mengingatkan bahwa penerapan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, tak boleh dijadikan bentuk lelucon belaka.

Di hadapan pengurus Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga para pemimpin televisi Indonesia, Doni menegaskan bahwa acara televisi turut berperan dalam memberikan edukasi terkait penerapan 3M.

"Masalah protokol kesehatan jangan dibuat bercanda! Jangan dianggap mainan! Pakai masker, maskernya dipelorotin di sini (dagu), memperlakukan masker ditayangkan, publik melihat tata cara menggunakan masker. Mari kita berlatih memakai masker," tuturnya.

Sebelum mengajak orang lain untuk memakai masker, Doni mengaku telah melatih dirinya sendiri. Ia bercerita pernah berlatih dengan memakai masker selama tidur.

"Saya mencoba diri saya sendiri. Ternyata tidur pun bisa memakai masker dan tidak ada pengaruh apa lun. Jadi ini yang perlu kita lakukan," ucap Doni.

suara hati ramadan 1445 H
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

HEALTH

TERKINI