Selama Pandemi, Hal Ini Paling Dicari Warganet di Laman Google Search

Google Trends baru saja menerbitkan laporan mengenai perilaku masyarakat yang diidentifikasi di laman pencarian Google.

Kamis, 25 Februari 2021 | 14:09 WIB
Selama Pandemi, Hal Ini Paling Dicari Warganet di Laman Google Search
Ilustrasi Google Search. [Shutterstock]

Suara.com - Google Trends baru saja menerbitkan laporan mengenai perilaku masyarakat yang diidentifikasi di laman pencarian Google. Laporan ini disusun selama 1 Januari 2020 hingga 31 Januari 2020.

"Laporan yang disusun Google berdasarkan kata kunci yang dicari masyarakat terkait pandemi Covid-19," kata Simon Rogers selaku Data Editor Google News Lab dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/2/2021).

Dalam paparannya, Simon menjelaskan ada sepuluh kata kunci yang berkaitan dengan Covid-19 di laman penelusuran.

Beberapa kata tersebut yakni update virus corona, gejala virus corona, berita virus corona, worldometer virus corona, statististik virus corona, peta virus corona, vaksin virus corona, kasus virus corona, korban jiwa virus corona, dan virus corona CDC.

Untuk kata kunci "Virus Corona", tercatat masyarakat Jerman yang paling banyak menggunakannya di kolom Google Search. Kemudian disusul Nepal, Austria, Qatar, dan Swiss dalam daftar lima negara yang mencari keyword tersebut.

Selain itu, Simon memaparkan kata kunci "Pengangguran" juga mengalami kenaikan sepanjang tahun. Amerika Serikat menjadi negara pertama yang paling banyak mencari kata penggangguran.
Kemudian disusul Uruguay, Spanyol, Yunani, dan Prancis sebagai lima negara teratas yang mencari kata kunci pengangguran.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Sementara kata "Vaksin" turut tercatat dalam data Google Trends. Uni Emirat Arab menjadi yang negara dominan untuk pencarian kata vaksin. Kemudian disusul oleh Brazil, Irlandia, Panama, hingga Peru.

Bagaimana dengan Indonesia?

Google Trends juga mencatat masyarakat Indonesia turut berperan aktif dalam mencari informasi Covid-19 di laman Google Search.

Indonesia menempati peringkat ke sembilan dalam mencari kata kunci "Masker", di atas Inggris Raya dan di bawah Romania. Posisi teratas untuk kata kunci Masker sendiri ditempati Hong Kong.

Berikut beberapa kata kunci yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia dalam laman Google Search:

  1. Apa itu virus corona
  2. Kapan corona berakhir
  3. Cara mencegah virus corona
  4. Cara penyebaran virus corona
  5. Apa penyebab virus corona
  6. Bagaimana awal penyebaran virus corona
  7. Apa gejala virus corona

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TEKNO

TERKINI