Vaksin Covid-19 Oxford Diklaim 90 Persen Efektif Satu Suntikan

Vaksin Oxford / Astra Zeneca Covid diklaim terbukti sedikit lebih efektif daripada suntikan Pfizer.

Dythia Novianty Suara.Com
Senin, 01 Maret 2021 | 07:25 WIB
Vaksin Covid-19 Oxford Diklaim 90 Persen Efektif Satu Suntikan
Ilustrasi Oxford of University. [Shutterstock]

Suara.com - Vaksin Oxford / Astra Zeneca Covid diklaim terbukti sedikit lebih efektif daripada suntikan Pfizer dalam mengurangi kasus rumah sakit di antara yang berusia di atas 70-an.

Penelitian terbaru mengungkap, sekali suntikan kedua vaksin dikatakan 90 persen efektif dalam mencegah mereka yang terinfeksi keluar dari rumah sakit.

Inggris telah melampaui negara tetangga Eropa dengan peluncuran vaksinnya yang cepat, dengan semua orang dewasa ditetapkan mendapatkan satu dosis sebelum 31 Juli, mendatang.

Data terbaru menunjukkan bahwa hampir 20 juta orang di Inggris sekarang telah mendapatkan suntikan pertama mereka.

Prancis dan Jerman awalnya menolak untuk mengizinkan vaksin Oxford diberikan kepada mereka yang berusia di atas 65 tahun di tengah kekhawatiran atas data uji coba, tetapi sekarang telah berbalik.

Angka vaksinasi satu dosis dihitung dengan membandingkan tingkat rawat inap Covid-19 pada mereka yang telah menerima dosis pertama dengan mereka yang pada usia yang sama yang tidak.

AstraZeneca. [Paul Ellis/AFP]
AstraZeneca. [Paul Ellis/AFP]

Kematian di antara mereka yang berusia di atas 75 tahun telah turun hingga 40 persen, sementara jumlah di atas 85 yang dirawat di perawatan intensif mengalami penurunan.
turun mendekati nol.

Dilansir laman Mirror mengutip dari Dailymail, Senin (1/3/2021), hasil studi dari peluncuran NHS di Inggris menunjukkan bahwa satu dosis suntikan Oxford sebenarnya sedikit lebih baik dalam menghentikan orang yang sakit parah sehingga harus pergi ke rumah sakit.

Inggris mempertaruhkan rencana vaksinnya pada satu dosis yang efektif, setelah memutuskan meninggalkan jeda 12 minggu di antara dosis.

Hasil penelitian ini juga merupakan pembenaran dari Inggris yang menyetujui vaksin Oxford untuk digunakan pada orang tua, dengan itu sebenarnya terbukti sedikit lebih efektif di antara yang berusia di atas 70-an daripada Pfizer.

Matt Hancock berbicara minggu lalu tentang vaksin yang memutus rantai antara tingkat infeksi yang lebih tinggi, mengarah ke kematian yang lebih tinggi dari Covid, dan penelitian tersebut menegaskan kembali harapan itu.

Minggu lalu, para peneliti Universitas Edinburgh menemukan bahwa dalam empat minggu vaksin Pfizer dan Oxford-AstraZeneca mengurangi risiko rawat inap akibat Covid-19 hingga 85 persen dan 94 persen.

Pemerintah menjabarkan rencananya untuk tahap kedua peluncuran.

Sebuah botol vaksin Pfizer untuk Covid-19 di sebuah rumah sakit di Le Mans, Prancis. [AFP/Jean Francois Monier]
Sebuah botol vaksin Pfizer untuk Covid-19 di sebuah rumah sakit di Le Mans, Prancis. [AFP/Jean Francois Monier]

Orang berusia 40 hingga 49 tahun berada di antrean berikutnya setelah para penasihat menyimpulkan bahwa menyuntik berdasarkan usia tetap menjadi cara tercepat untuk mengurangi kematian.

Mereka akan diikuti oleh orang-orang berusia 30-an, dan akhirnya mereka yang berusia di atas 18 tahun.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TEKNO

TERKINI