Vaksin AstraZeneca Disetop, Jubir Pemerintah: Masyarakat Jangan Khawatir

"Saya meminta masyarakat tidak perlu khawatir, penghentian ini merupakan bentuk kehati-hatian pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin ini."

Selasa, 18 Mei 2021 | 15:39 WIB
Vaksin AstraZeneca Disetop, Jubir Pemerintah: Masyarakat Jangan Khawatir
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (istimewa).

Suara.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebut masyarakat tidak perlu khawatir dengan penghentian sementara distribusi dan penggunaan vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 sebanyak 448.480 dosis.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, penghentian sementara itu dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) terkait dengan berbagai laporan efek samping serius yang diduga terkait dengan Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547.

"Saya meminta masyarakat tidak perlu khawatir, penghentian ini merupakan bentuk kehati-hatian pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin ini," kata Wiku dalam jumpa pers virtual, Selasa (18/5/2021).

Wiku menegaskan Vaksin Astrazeneca yang dihentikan hanya Batch CTMAV547 sebanyak 448.480 dosis, selain itu Vaksin AstraZeneca tetap aman digunakan.

"Masyarakat perlu mengetahui bahwa hanya Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 saja yang dihentikan penggunaannya, Vaksin AstraZeneca batch lainnya tetap digunakan," jelasnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tengah melakukan uji sterilitas dan toksisitas terhadap Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 dikarenakan tidak cukup data untuk menegakkan diagnosis penyebab dan klasifikasi dari KIPI yang dimaksud.

Sejauh ini, Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 ini sudah didistribusikan untuk TNI dan sebagian ke DKI Jakarta dan Sulawesi Utara.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI