Gejala Diare Akibat Covid-19, Cek Fakta-Fakta Di baliknya

Apakah ada gejala diare akibat Covid-19? Benarkah hal itu dapat terjadi? Cek fakta-faktanya berikut ini.

Rifan Aditya Suara.Com
Rabu, 28 Juli 2021 | 21:37 WIB
Gejala Diare Akibat Covid-19, Cek Fakta-Fakta Di baliknya
Gejala Diare Akibat Covid-19, Cek Fakta-Fakta Dibaliknya - Ilustrasi diare. (Shutterstock)

Suara.com - Apakah ada gejala diare akibat Covid-19? Benarkah hal itu dapat terjadi? Cek fakta-faktanya berikut ini.

Salah satu gejala yang diakibatkan terinfeksi Covid-19 adalah diare. Artinya, virus ini tak hanya menyerang sistem pernapasan pada umumnya, namun juga pada sistem pencernaan dan menimbulkan gejala gastrointestinal. Makanya, informasi gejala diare akibat Covid-19 berikut ini perlu diperhatikan.

Dampak akibat Covid-19 satu ini memang kerap muncul seiring banyaknya pasien Covid-19 yang mengalami gejala gastrointestinal. Sebut saja kondisi nafsu makan berkurang, mual, dan diare Covid-19. Terdapat beberapa fakta dibalik gejala diare akibat Covid-19 yang jarang diketahui orang.

Gejala Diare pada Pasien Covid-19

Peneliti di Stanford University mengumumkan hasil penemuannya bahwa sepertiga pasien Covid-19 dengan gejala ringan memiliki gejala gastrointestinal. Selaras dengan penelitian tersebut, studi terbaru di Beijing juga memiliki data 3 dari 79% pasien Covid-19 mengalami gejala gangguan pada sistem pencernaan.

Diperkuat dengan sebuah hasil studi yang terbit dalam American Journal of Gastroenterology. Penelitian itu memeriksa 200 pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Hasil pemeriksaan, ditemukan 48 orang hanya mengalami gejala sistem pencernaan, serta 69 lainnya mengalami gejala pencernaan dan pernapasan.

Disadur dari laman kesehatan Healthline, dari 117 orang dengan gangguan lambung, 19,4 di antaranya mengalami gejala pertama yaitu diare Covid-19. Berdasarkan hasil penilitian-penelitian di atas, maka jelas bahwa gejala diare akibat Covid-19 memang benar dapat terjadi.

INFOGRAFIS: Apa Beda Diare Gejala Covid-19 dengan Diare Biasa?
INFOGRAFIS: Apa Beda Diare Gejala Covid-19 dengan Diare Biasa?

Mungkinkah Diare Disertai Demam?

Sebagian orang mungkin mengalami gejala diare seperti halnya gejala flu, yaitu demam. Gangguan pada sistem pencernaan ini bisa menjadi gejala permulaan dari Covid-19.

Pada beberapa kasus yang terjadi, gejala demam ini mungkin muncul setelah diare Covid-19 dialami. Sedangkan pada beberapa orang mungkin hanya mengalami gejala diare ini tanpa mengalami gejala Covid-19 lainnya yang lebih umum.

Hubungan antara Covid-19 dan Diare

Sebuah riset menyatakan bahwa Covid-19 dapat masuk pada sistem pencernaan melalui reseptor permukaan sel untuk enzim, atau disebut dengan angiotensin converting enzyme 2 (ACE 2). Nah, reseptor untuk enzim ini diperkirakan 100 kali lebih umum di saluran pencernaan dibandingkan pada saluran pernapasan.

Dengan demikian, diare juga bisa menjadi tanda seseorang terkena virus corona. Jika anda merasa mengalami gejala diare akibat Covid-19, segera periksa ke pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk melakukan tes virus corona.

Cara Atasi Munculnya Gejala Gastrointestinal

Selain karena paparan Covid-19, gejala gastrointestinal seperti diare, nafsu makan hilang, dan mual, pemicunya bisa beragam. Jika seseorang mengalami gejala gastrointestinal seperti di atas, maka belum tentu karena terinfeksi Covid-19, namun bisa menjadi tanda peringatan dini.

Nah, jika kamu mengalami gejala gastrointestinal yaitu diare, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Mulai dari menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, menghindari konsumsi makanan yang dapat mengganggu perut, dan beristirahat sebanyak mungkin.

Demikian beberapa fakta dibalik gejala diare akibat Covid-19 yang masih jarang diketahui orang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

HEALTH

TERKINI