INFOGRAFIS: Jangan Ragu Vaksinasi Covid-19, Bisa Cegah Gejala Parah

Vaksinasi mengurangi risiko gejala parah jika seseorang terinfeksi Covid-19 dan bisa mengurangi separuh risiko gejala jangka panjang atau Long Covid.

Dimas Sagita Suara.Com
Senin, 20 September 2021 | 17:21 WIB
INFOGRAFIS: Jangan Ragu Vaksinasi Covid-19, Bisa Cegah Gejala Parah hingga Kurangi Risiko Long Covid
INFOGRAFIS: Jangan Ragu Vaksinasi Covid-19, Bisa Cegah Gejala Parah hingga Kurangi Risiko Long Covid

Suara.com - Orang yang divaksinasi masih bisa terinfeksi Covid-19. Namun mereka cenderung memiliki risiko infeksi parah dan membutuhkan rawat inap.

Melansir dari Medicinenet, hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang sudah divaksin risikonya berkurang hingga dua per tiga untuk dirawat di rumah sakit jika terinfeksi Covid-19. Penelitian telah diterbitkan pada jurnal The Lancet Infectious Diseases.

Vaksinasi meningkatkan kemungkinan infeksi Covid-19 tanpa gejala dan mengurangi separuh risiko gejala jangka panjang atau Long Covid.

Dan bagi mereka yang dites positif Covid-19, kemungkinan besar mereka bebas gejala. Kemungkinan infeksi tanpa gejala meningkat sebesar 63 persen setelah satu dosis vaksin dan sebesar 94 persen setelah dosis kedua.

Risiko rawat inap berkurang sekitar 70 persen setelah satu atau dua dosis, dan risiko penyakit parah (lima atau lebih gejala pada minggu pertama penyakit) berkurang sekitar sepertiga. Peluang Long Covid juga berkurang 50 persen setelah vaksinasi dosis kedua.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

INFOGRAFIS

TERKINI