Pengunjung Malioboro Soal Vaksinasi Gratis: Enggak Ribet Syaratnya

Bahkan dia tidak membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Eleonora PEW | Rahmat jiwandono
Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:02 WIB
Pengunjung Malioboro Soal Vaksinasi Gratis: Enggak Ribet Syaratnya
Wisatawan di Malioboro mendapat vaksinasi Covid-19 secara gratis di Hotel Mutiara, Sabtu (23/10/2021). - (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

SuaraJogja.id - Pengunjung Malioboro Nugroho Andri Kurniawan (39) asal Cikampek, Karawang, Jawa Barat memperoleh vaksinasi Covid-19 gratis. Vaksinasi dilaksanakan di depan Hotel Mutiara pada Sabtu (23/10/2021).

Dia mengatakan, dia datang ke Jogja karena ada urusan pekerjaan. Namun, karena masih belum selesai, maka dia bersama temannya jalan-jalan di sekitar Malioboro.

"Tadi waktu lewat di depan Hotel Mutiara ditanyai oleh anggota TNI apakah saya sudah divaksin Covid-19. Sudah tapi baru dosis pertama," katanya.

Ia pun tidak mau menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Seharusnya, vaksinasi dosis kedua Andri dilakukan kemarin di Cikampek.

"Karena kebetulan memang belum disuntik vaksin dosis kedua, ya sudah sekalian saja vaksin di sini," terangnya.

Menurutnya, untuk bisa divaksin, syaratnya sangat mudah. Bahkan dia tidak membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Lagi enggak bawa KTP, cuma ada SIM dan aplikasi PeduliLindungi tapi bisa dilayani untuk vaksinasi," katanya.

Ihwal vaksinasi ini, ujarnya, adalah langkah yang bagus. Sehingga sektor wisata tetap jalan dan ekonomi berputar.

"Selama protokol kesehatan dijalankan Insya Allah semua aman," ucap dia.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Ekwanto menjelaskan, posko vaksinasi ini didirikan tidak terlepas dari penurunan level PPKM di DIY dari 3 ke level 2.

"Meski PPKM di DIY sudah memasuki level 2, kami tidak boleh lengah dan protokol kesehatan tetap diterapkan dengan ketat. Ini sebagai bentuk tanggung jawab dari pemerintah," ujar Ekwanto ditemui wartawan di Hotel Mutiara.

Posko vaksinasi tersebut akan memfasilitasi orang yang masuk ke Malioboro tetapi belum mendapat vaksin Covid-19, akan diberi secara gratis. Siapa saja bisa mendapatkan vaksinasi itu.

"Kami tidak domisilinya di mana dan dia siapa, intinya yang terjaring oleh dari aparat wajib untuk vaksin gratis. Tidak perlu mendaftar langsung dilayani," paparnya.

Ia menyebutkan, posko vaksinasi mulai buka pukul 10.00 sampai 12.00 WIB setiap Sabtu. Pemberian vaksin Covid-19 secara gratis ini akan berlangsung hingga Desember 2021.

"Kegiatan vaksinasi ini rencananya sampai Desember 2021 besok," katanya.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak