Simak Imbauan Satgas, Masyarakat Diminta Swab Tes Covid-19 Mandiri Usai Mudik Lebaran

"Khusus bagi ASN sesuai himbauan MenPAN RB maka bagi yang selesai melakukan mudik untuk melakukan tes sebelum masuk kerja ke wilayah kerjanya,"

Rabu, 11 Mei 2022 | 10:28 WIB
Simak Imbauan Satgas, Masyarakat Diminta Swab Tes Covid-19 Mandiri Usai Mudik Lebaran
Prof. Wiku Adisasmito. (covid19.go.id)

Suara.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat untuk melakukan swab tes Covid-19 baik antigen maupun PCR secara mandiri untuk memantau perkembangan pandemi pasca-mudik lebaran.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, hal ini tidak menjadi kewajiban, namun sebagai bentuk kehati-hatian dan antisipasi untuk tidak tertular dan menularkan kepada yang lainnya.

"Khususnya bagi orang yang merasakan gejala mirip COVID-19 meskipun sudah di booster. Hal ini sebagai bentuk kehati-hatian untuk melakukan tes secara mandiri," kata Wiku dalam jumpa pers, Selasa (10/5/2022).

Sementara bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) kewajiban tes atau tidak saat kembali bekerja, masih menyesuaikan kebijakan yang ada di SE Satgas No 16 tahun 2022 dan Addendumnya tentang Pelaku Perjalanan Dalam Negeri.

"Khusus bagi ASN sesuai himbauan MenPAN RB maka bagi yang selesai melakukan mudik untuk melakukan tes sebelum masuk kerja ke wilayah kerjanya," ucapnya.

ASN juga dianjurkan sementara bekerja dari rumah atau work from home (WFH) mengikuti Surat Edaran No. 440/2420/SJ tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Kementerian Dalam Negeri Selama Masa Arus Balik Idul Fitri 1443 H.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

NEWS

TERKINI