kemenaker

Kemnaker: Pelatihan Punya Peran Vital untuk Meningkatkan Kompetensi SDM

Pelatihan layaknya titik simpul dari segitiga emas.

Jum'at, 21 Januari 2022 | 20:46 WIB
Kemnaker: Pelatihan Punya Peran Vital untuk Meningkatkan Kompetensi SDM
Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi. (Dok: Kemnaker)

Suara.com - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul kreatif dan inovatif. Salah satu upaya yang dilakukan Kemnaker adalah konsisten memberikan pelatihan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker, Anwar Sanudi mengatakan, pelatihan memiliki peran vital untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM tanah air. Bahkan, dia mengibaratkan pelatihan layaknya titik simpul dari segitiga emas.

"Untuk mewujudkan SDM yang memiliki kapasitas dan kompetensi tidak terlepas dari peran pelatihan, produktivitas, dan peningkatan kompetensi sebagai sebuah segitiga emas yang harus dilakukan secara serius," tutur Anwar dalam sambutan secara virtual pada Rakernas Asosiasi Profesi Produktivitas Indonesia (APPRODI) dan Webinar Produktivitas, Jumat (21/1/2022).

Berbicara tentang produktivitas, lanjut Anwar, tidak terlepas dari SDM yang mempunyai peran utama bagi terciptanya produktivitas.

"Memang produktivitas dipengaruhi oleh semua aspek terutama aspek 3M yaitu Man, Material, and Method yang didefinisikan dengan materi-materi agar produktivitasnya dapat ditingkatkan," katanya.

Terkait dengan produktivitas, lanjut Anwar, bukan hanya tergantung pada satu sektor, saat ini perusahaan sangat membutuhkan peran kebijakan publik yang tepat.

"Peran publik sangat dibutuhkan dalam memberikan dukungan agar produktivitas bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Dapatkan update breaking news dan berita pilihan kami dengan mengikuti Suara.com WhatsApp Channel di ponsel kamu
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BISNIS

TERKINI