kemenaker

Kemnaker: Magang di Jepang Jadi Momentum Baik untuk Tingkatkan SDM Indonesia

Telah diberangkatkan 94.348 orang peserta ke Jepang sejak tahun 1993.

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:11 WIB
Kemnaker: Magang di Jepang Jadi Momentum Baik untuk Tingkatkan SDM Indonesia
Komisi IX DPR bersama Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan saat melakukan dialog dengan AP2LN (Asosiasi Penyelenggara Pemagangan Luar Negeri) di Tokyo, Jepang. (Dok: Kemnaker)

Suara.com - Dirjen Binalavotas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Budi Hartawan mengatakan, kesempatan magang di Jepang merupakan momentum baik bagi SDM Indonesia untuk meningkatkan kompetensi.

"Sesungguhnya pelatihan kerja dengan pola pemagangan luar negeri dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kemampuan SDM kita mendekati standar kompetensi industri multinasional agar nantinya mampu bersaing di pasar kerja global," tutur Budi dalam keterangannya di Jakarta pada Senin, (27/6/2022).

Menurut Budi Hartawan, setelah selesai mengikuti program magang dan kembali ke negara masing-masing, tenaga kerja magang dapat mempraktikkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajarinya.

Budi Hartawan mengungkapkan sejak tahun 1993 hingga saat ini, Pemerintah Indonesia telah memberangkatkan peserta pemagangan ke Jepang kurang lebih 94.348 orang peserta.

"Saat ini sekitar 13.699 orang masih mengikuti pemagangan di Jepang, " ujarnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi IX DPR, Charles Honoris mengatakan, kunker ke Jepang mengikutsertakan Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan karena merupakan lembaga yang berkewajiban menciptakan lapangan kerja dan perlindungan bagi pekerja.

Charles menambahkan angkatan kerja produktif yang meningkat, harus disertai dengan keahlian dan keterampilan dalam memenuhi kebutuhan kerja di zaman milenial saat ini.

"Dan Jepang, sebagai negara yang terkenal dengan etos kerja dan teknologi terbaik, dapat dijadikan mitra untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia, " kata Politikus PDI Perjuangan tersebut.

Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BISNIS

TERKINI